Ketua YKI Sumut: Waspadai Potensi Kanker Tulang Serang Anak dan Remaja

Ketua YKI Sumut: Waspadai Potensi Kanker Tulang Serang Anak dan Remaja

topmetro.news  – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengingatkan, selain leukemia, kanker getah bening (Limfoma), kanker otak, kanker tiroid, dan kanker ovarium, saat ini kanker  tulang juga berpotensi menyerang kalangan anak dan remaja.

“Kanker tulang ini tidak terasa, tetapi sudah banyak remaja yang terkena,” jelas Nawal Lubis, di hadapan para siswa peserta sosialisasi  ‘Cegah Kanker Pada Remaja’ di Aula SMA Negeri 1 Seirampah Jalan  Rambong Sialang Nomor 50, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdangbedagai, Senin (17/4/2023).

Nawal Lubis mengatakan, penyebab kanker tulang salah satunya cedera yang berakibat tulang patah. Misal saat bermain bola, kecelakaan sepeda motor terkilir atau patah kaki yang hanya lakukan pengobatan secara tradisional, namun tidak tuntas. Sehingga muncul sel-sel tulang yang tidak terbentuk dengan baik, yang bisa menyerang serta merusak jaringan tubuh yang sehat.

“Jika kita cedera pada tulang harus difoto untuk tindakan medis, namun banyak remaja memilih diurut namun tidak tuntas. Jika ini dibiarkan akan berdampak buruk bisa saja dilakukan amputasi,” jelasnya.

Untuk itu, Nawal Lubis mengingatkan, jika mengalami kejadian patah tulang pergilah ke dokter terlebih dahulu. Lakukan foto rontgen dan penanganan medis lebih lanjut.

Ketua YKI Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) Rosmaida Darma Wijaya mengatakan, sosialisasi pencegahan kanker pada remaja sangat penting. Karena kanker tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Selain itu, sel-sel tubuh manusia berpotensi menjadi sel kanker. Apalagi anak zaman sekarang lebih suka mengonsumsi junk food, ala kebarat-baratan yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker.

Ketua YKI Sumut: Waspadai Potensi Kanker Tulang Serang Anak dan Remaja

“Memang ini masanya generasi Y, ini zaman mereka, tapi pola hidup sehat harus tetap terjaga. Jadi Alhamdulilah, Ketua YKI Sumut bisa hadir untuk mengedukasi anak didik kita untuk mengenal ciri dan pencegahan kanker sejak dini,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sei Rampah Rizki Hasanah Nasution mengucapkan terima kasih atas terpilihnya SMA Negeri 1 Sei Rampah sebagai tujuan Road Show Sekolah Cegah Kanker pada remaja YKI Sumut dan berharap apa yang disampaikan menambah wawasan siswa-siswi SMA Negeri 1 Sei Rampah.

“Ini suatu kebanggaan kami, terima kasih atas kehadiran YKI Sumut dan YKI Sergai. Mudah-mudahan apa yang Ibu sampaikan bisa siterapkan anak didik kami dalam kehidupan sehari-hari.

Turut hadir Wakil Ketua YKI Sergai Zetara Adlin Tambunan, pengurus YKI Sumut dan YKI Sergai, para guru serta siswa SMA Negeri Sei Rampah.

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment