Baskami Minta Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana dan Tekan Lakalantas Saat Arus Balik Lebaran

Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting memastikan kesiapan seluruh pihak untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap potensi terjadinya bencana, di tengah arus balik Lebaran 1444 Hijriah.

topmetro.news – Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting memastikan kesiapan seluruh pihak untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap potensi terjadinya bencana, di tengah arus balik Lebaran 1444 Hijriah.

Politisi yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Sumut itu, meminta BPBD, Basarnas dan BMKG terus memantau titik-titik rawan bencana. Seperti longsor, banjir gelombang pasang dan kebakaran lahan.

“Mengingat jalan lintas nasional dan tingkat provinsi kita relatif panjang, harus diperhatikan benar titik-titik yang berpotensi terjadinya bencana. Apalagi cuaca ekstrim seperti sekarang ini. Kita harus terus melakukan upaya mitigasi,” katanya melalui rilis tertulis, Rabu (26/4/2023).

Baskami menuturkan, sesuai rilis BNPB beberapa waktu lalu, ada potensi terjadi bencana hidrometeorologi basah dan kering saat periode mudik Lebaran nanti, berdasarkan karakteristik wilayah yang ada.

Oleh karenanya, lanjut Baskami, seluruh stakeholder, termasuk Pemprovsu dan pemda harus terus melakukan pemantauan pada area yang berpotensi, di tengah arus balik saat ini.

“Agar masyarakat merasa nyaman saat balik ke kota asal, untuk kembali melanjutkan aktivitas, setelah mudik lebaran,” tambahnya.

Baskami juga, meminta TNI dan Polri untuk terus meningkatkan keamanan bagi para pemudik.

“Kita harus tekan angka kecelakaan, baik di jalan tol, di jalan lintas, jalur penyebrangan. Dan awak transportasi juga harus dalam kondisi prima. Untuk keamanan, kita percayakan kepada TNI dan Polri,” imbuhnya.

Terakhir, Baskami menyampaikan agar pemudik mengutamakan keselamatan dan rutin memeriksa kondisi kendaraan. “Jangan terburu-buru, tetap utamakan keselamatan, semoga selamat sampai tujuan,” jelasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment