Pemkab Humbahas Gelar Sosialisasi Ketentuan Cukai Tembakau

Pemkab Humbahas, melalui Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Tenaga Kerja (Kopenaker) melaksanakan Sosialisasi Kententuan Cukai Tembakau.

topmetro.news – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas), melalui Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Tenaga Kerja (Kopenaker) melaksanakan Sosialisasi Kententuan Cukai Tembakau.

Acara berlangsung, Rabu (10/5/2023), di Grand Maju Hotel, Doloksanggul.

Sosialisasi ini sebagai bentuk optimalisasi pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT). Serta untuk meningkatkan edukasi masyarakat terkait ketentuan cukai.

Kadis Kopenaker Nurliza Pasaribu SKom MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tembakau merupakan tanaman yang dibudidayakan di Kabupaten Humbang Hasundutan, yakni Kecamatan Doloksanggul, Lintongnihuta, dan Paranginan.

Jenis tembakau yang ditanam adalah jenis ‘white burley’, di mana daunnya dikeringkan dan dijual ke pengumpul.

Tiap tahun sejak tahun 2013 sampai sekarang, Pemkab Humbahas melalui Dinas Kopedanaker menerima Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT).

Tembakau merupakan bahan baku utama pembuatan rokok. Namun saat ini banyak rokok ilegal dengan ciri rokok polos (tanpa pitai cukai). Atau, berpita cukai palsu, bekas, dan berbeda (salah peruntukan dan salah personalisasi) yang harga jualnya sangat murah.

Dampak peredaran rokok ilegal di tengah masyarakat mengakibatkan penerimaan negara di bidang cukai berkurang. Serta juga berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, sosialisasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat. Serta dapat bermanfaat bagi seluruh elemen masyarakat. Sehingga Kabupaten Humbang Hasundutan bisa terbebas dari peredaran rokok ilegal.

Sosialisasi ini menghadirkan pembicara antara lain, Kadis Kopenaker Nurliza Pasaribu SKom MSi. Kemudian ada dari Polres Humbahas yaitu, Bripka Indra Sirait. Lalu dari Bappedalitbang Manongam Pasaribu. Serta Kasi Beacukai Sibolga Sondy Manullang dan tim.

Peserta kegiatan ini dari berbagai kalangan.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment