Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Bupati Samosir Temui Menkes

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyampaikan usulan peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Samosir kepada Menteri Kesehatan RI.

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Kadis Kesehatan Dina Hutapea, Kepala Bappeda Rajoki Simarmata, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kepala RSUD Hadrianus Sinaga Iwan H Sihaloho, dan Kabid Yankes dan SDK Dinkes dr Buha Purba menyampaikan usulan peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Samosir kepada Menteri Kesehatan RI.

Kehadiran Bupati Samosir disambut langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di ruang kerjanya, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Vandiko T Gultom menyampaikan usulan sebesar Rp145.550.000.000. Usulan tersebut terdiri dari pembangunan puskesmas baru beserta sarana pendukungnya. Juga pembangunan pustu, poskesdes, polindes (semua menjadi posyandu prima). Kemudian untuk pembelian dental unit, cathlab. Untuk perumahan dokter. Pengadaan alat kesehatan mata.

Selain itu, Bupati Samosir menyampaikan agar Peringatan Hari Kesehatan Nasional dapat berlangsung di Kabupaten Samosir. Hal ini sebagai bukti bahwa Kabupaten Samosir serius dalam peningkatan pelayanan kesehatan, sebagai perwujudan realita dan promosi kesehatan.

Penyampaian usulan kepada Menteri Kesehatan atas dasar suatu perubahan besar dalam cara pandang dan pendekatan Pemerintah Indonesia yang memosisikan keberadaan Kawasan Danau Toba ke derajat lebih tinggi. Yakni dengan penetapan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Yang kemudian berlanjut dengan pembangunan sarana prasarana penunjang di bawah naungan Kementerian PUPR. Juga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perhubungan maupun Kementerian Pemuda dan Olahraga (penyelenggaraan even di Danau Toba).

Dengan kesempatan yang diberikan Presiden Jokowi itu, Bupati Samosir sepenuhnya berharap Kemenkes mengambil peranan penting di bidang kesehatan yang kini ide dan gagasan besar itu telah dipersiapkan.

Kesehatan Wisata

Sejak penetapan Danau Toba menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas, kemudian berlanjut dengan pembangunan di berbagai spot wisata baru, serta pemulihan/pemugaran spot-spot wisata lama, maka atensi publik datang berkunjung ke Samosir terutama wisata danau dan pantai meningkat pesat.

“Oleh karena itu, dalam mengangkat pemenuhan sarana kesehatan, kami berharap kontribusi dari Kementerian Kesehatan untuk menaikkan daya dukung fasilitas kesehatan yang sudah ada saat ini. Terutama menstimulus kunjungan riil wisata dalam bentuk layanan kesehatan. Yakni, dengan menyandingkan sistem layanan medis dengan layanan kesehatan bernuansa wisata,” ucap Bupati Samosir.

Dengan usulan tersebut, Bupati Samosir berharap Kemenkes dapat meningkatkan status RSUD Hadrianus Sinaga menjadi Tipe B. Sehingga dapat menjadi rumah sakit rujukan Kawasan Danau Toba (8-10 wilayah). Serta juga pembangunan setingkat rumah sakit pratama sekaligus pusat penelitian dan pengembangan herbal/tradisional.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment