Bupati Taput Berangkatkan 9 Orang Calon Jamaah Haji ke Tanah Suci

Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi memberangkatkan calon jamaah haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi dari Taput. Berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (25/5/2023).

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi memberangkatkan calon jamaah haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi dari Taput. Berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (25/5/2023).

Turut mendampingi, Kabag Kesra Estomihi Sihombing. hadir juga Kepala Kantor Kementerian Agama Taput Tigor Sianturi dan Ketua MUI Taput Samsul Pandiangan.

Ada pun jamaah calon haji Tapanuli Utara berjumlah 9 orang tambah dua orang petugas haji.

Dalam kesempatan tersebut Nikson Nababan menyampaikan pesan kepada para calon jemaah haji agar menjaga kesehatannya di Tanah Suci Mekkah. Sehingga semua dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar.

“Kepada para calon jamaah haji yang akan berangkat saya ucapkan selamat berangkat sampai tujuan dan kembali lagi ke Tanah Air dengan selamat. Selama dalam perjalanan para peserta harus menjaga kekompakan dan menjaga kesehatan,” ungkap Nikson Nababan.

“Saudaraku, kita lahir di Tanah Air Indonesia di Tapanuli Utara diciptakan berbeda-beda, kita Orang Batak dititipkan nenek moyang kita ‘Dalihan Na Tolu’. Itulah yang menjadi pedoman hidup kita. Agar kita hidup rukun dan damai. Karena tanpa itu, apa pun yang kita rencanakan, apa pun yang kita bangun akan sia-sia. Dengan kerukunan maka apa pun cita-cita kita menjadikan Taput menjadi menjadi hebat akan terwujud, karena kebersamaan dan kekompakan kita,” tutur Nikson.

Sebelumnya Kakan Kemenag Taput Tigor Sianturi menjelaskan, sesuai Surat Kakanwil Kemenag Sumut pada Hari Selasa, 9 Mei 2023 Nomor 8171/kw.02/4-d/hj.00/05/2023 tentang Jadwal Penerbangan Haji dan Pembagian Kelompok Terbang (Kloter), total jamaah haji Provinsi Sumatera Utara Keseluruhan 8.328 orang.

Jadwal

Ia melanjutkan, jamaah calon haji Taput masuk Asrama Haji Pangkalan Mashur Medan pada Jari Jumat, 26 Mei 2023 pukul 10.00 WIB. Kemudian, pemeriksaan identitas dan kesehatan, Jumat, 26 Mei 2023 pukul 10.30 WIB.

Berangkat dari Bandara Kualanamu menuju Jeddah pada Hari Sabtu, 27 Mei 2023 pukul 09.40 WIB. Perkiraan, sampai ke Jeddah pada hari dan tanggal yang sama, pukul 14.35 waktu Arab Saudi. Sesuai rencana akan menggunakan pesawat Garuda Kode Penerbangan Gia 3104.

Akan kembali ke Tanah Air pada Hari Sabtu tanggal 8 Juli 2023 pukul 01.00 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Kode Penerbangan GIA 3204.

Salah seorang jamaah calon haji, Ahmad Sihombing menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Taput yang telah mengadakanacar.

“Mudah-mudahan kemurahan hati dari Bapak Bupati dibalas oleh Allah SWT berupa rahmat dan karunia, dimudahkan segala urusannya. Kepada Bapak Kementerian Agama saya juga ucapkan terima kasih karena sudah memudahkan segala urusan keberangkatan naik haji ini. Begitu juga dengan Bapak Kadis Kesehatan Tapanuli Utara yang setiap tahun sejak tahun 2020 memberikan suntik vaksin meningitis. Mudah-mudahan perjalanan kami lancar pergi dan pulang ke Tapanuli Utara. Dan diberikan kesehatan dan iman yang semakin kuat,” papar Ahmad Sihombing.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment