Penilaian Penghargaan Manggala Karya Kencana bagi Bupati dan Ketua TP PKK Taput

Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi didampingi Kadis PPKBP3A Donna Situmeang dan beberapa pimpinan OPD terkait menghadiri Acara Penilaian Penghargaan Bangga Kencana Manggala Karya Kencana bagi Bupati dan Ketua TP PKK Tapanuli Utara.

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi didampingi Kadis PPKBP3A Donna Situmeang dan beberapa pimpinan OPD terkait menghadiri Acara Penilaian Penghargaan Bangga Kencana Manggala Karya Kencana bagi Bupati dan Ketua TP PKK Tapanuli Utara.

Penilaian berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (25/5/2023).

Turut ikut serta dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Tapanuli Utara Satika Simamora SE MM via zoom. Turut hadir Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Utara Mhd Irzal SE ME beserta rombongan tim verifikasi.

Manggala Karya Kencana (MKK) merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk. Di mana penilaiannya pada tahap pertama adalah administrasi. Kemudian tahap kedua adalah penilaian penghargaan Bangga Kencana Manggala Karya Kencana oleh tim verifikasi data usualan.

Dalam arahan dan bimbingannya Bupati Nikson Nababan juga memaparkan usulan penerima penghargaan MKK Pemkab Taput. Bupati juga sangat mendukung program Bangga Kencana. Bupati menjelaskan pentingnya Bangga Kencana.

Strategi Bangga Kencana Kabupaten Tapanuli Utara antara lain 1. Meningkatnya ketersediaan pelayanan KB dengan akses yang lebih baik dan merata, 2. Pemerataan akses ke pelayanan KB berkualitas yang memperhatikan hak klien, 3. Meningkatnya sistem jaminan ketersediaan alat dan obat kontrasepsi output, 4. Meningkatnya kapasitas sumberdaya manusia untuk menyediakan pelayanan KB yang berkualitas, 5. Perkuatan sistem informasi manajemen untuk menjamin kualitas, kelengkapan, serta integrasi yang sejalan dengan sistem kesehatan, 6. Meningkatnya kualitas pelayanan KB yang memperhatikan hak klien dan mengintegrasikan pelayanan sepanjang continuum siklus kesehatan reproduksi.

Mitra

Di kesempatan sama, Satika Samora mengatakan, mereka sangat membutuhkan mitra pemerintah untuk mewujudkan visi misi BKKBN. Yaitu peningkatan kualitas manusia Indonesia dan struktur ekonomi yang produktif dan mandiri berdaya saing.

“Saya sebagai Ketua TP PKK, ingin memberikan yang terbaik mendukung kinerja Bapak Bupati membangun Tapanuli Utara dan kecintaan saya pada Kabupaten Tapanuli Utara. Saya selalu mencari solusi bagaimana caranya supaya potensi yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara bisa berkolaborasi dengan pemerintah, yaitu melalui mitra PKK ,” ujarnya.

“Dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa penilaian dari segi apapun pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan. Namun kami sangat bersyukur dan bahagia atas kesempatan yang diberikan kepada kami,” tutupnya.

Sebelumnya Mhd Irzal SE ME mengatakan, mereka bersama Bupati dan Ketua TP PKK Taput bersama-sama melakukan pendalaman dokumen untuk mendapatkan penghargaan tertinggi di Program MKK.

“Program MKK ini tidak lepas dari peran ibu TP PKK, baik tingkat kabupaten sampai tingkat desa. Oleh karena itu dapat kami lihat beberapa nilai yang bagus dari TP PKK Kabupaten Tapanuli Utara. Salah satunya dukungan PKK aspek dan komitmen jumlah anak kurang dari dua. Dan ini layak mendapat nilai 100. Juga dukungan dari ketua TP PKK dalam pembinaan Dasa Wisma. Dan ini merupakan suatu hal yang sangat positif dan layak mendapat nilai 100,” tuturnya.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu melakukan penyerahan dokumen usulan Penghargaan Manggala Karya Kencana. Selanjutnya sesi tanya jawab ketua verifikasi usulan Penghargaan MKK dan penyerahan cenderamata dan berakhir dengan foto bersama.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment