Imigrasi Belawan dan Kanwil Kumham Sumut Operasi Gabungan Tim PORA di Pelabuhan Belawan

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan turut serta dalam pelaksanaan kegiatan operasi gabungan TIM Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) bersama Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara khususnya Divisi Keimigrasian, Kamis (25/5/023).

topmetro.news – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan turut serta dalam pelaksanaan kegiatan operasi gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) bersama Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara khususnya Divisi Keimigrasian, Kamis (25/5/023).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan Ridha Sah Putra ikut mendampingi Kadiv Keimigrasian Ignatius Purwanto, melaksanakan operasi gabungan bersama Dit Intelkam Polda Sumut, Kanwil Bea Cukai Medan-Sumut, Karantina Belawan, BIN Daerah Sumut, Kesbangpol Sumut, KPLP dan lainnya yang tergabung dalam Tim PORA.

“Melalui kegiatan ini, kita melaksanakan pengawasan terhadap kapal-kapal asing yang berlabuh di Sumatera Utara. Serta terhadap pekerja imigran Indonesia yang selama ini bisa lewat secara ilegal. Kalau bisa kita cegah dan tangkap para pelanggar tersebut,” terang Ignatius.

Ada pun mekanisme dari pelaksanaan Operasi Gabungan ini terlaksana secara humanis sesuai aturan dan standar operasional prosedur yang berlaku. Di mana Petugas Pemeriksa Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan yang tergabung di dalam Tim PORA secara langsung memeriksa kelengkapan dokumen-dokumen para awak kapal.

Pada malam Kamis, tim melakukan pengawasan kepada Kapal MT Bochem Pegasos berbendera Hongkong dengan jumlah 24 orang awak kapal, 1 orang berkewarganegaraan Rusia, 23 orang berkewarganegaraan India.

Selain Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan, juga turut hadir pada kegiatan ini Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Gelora Adil Ginting, Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Imam Santoso, serta Analis Keimigrasian dan Staf Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment