Bupati Humbang Hasundutan Serahkan Hibah Keagamaan dan Alsintan

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menyerahkan hibah keagamaan dan Alsintan (alat-alat mesin pertanian) kepada masyarakat Humbang Hasundutan melalui kelompok tani.

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menyerahkan hibah keagamaan dan Alsintan (alat-alat mesin pertanian) kepada masyarakat Humbang Hasundutan melalui kelompok tani.

Acara berlangsung, Selasa (6/6/2023), Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Turut hadir mendampingi, Sekda Humbahas Drs Tonny Sihombing.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing SSos menjelaskan, sebelum pemberian hibah keagamaan terlebih dahulu berlangsung penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Kabupaten Humbahas TA 2023.

Jumlah penerima hibah sebanyak 42 terdiri dari 3 lembaga keagamaan, 1 organisasi keagamaan dan 38 rumah ibadah. Total jumlah penerima hibah keagamaan mulai tahun 2017-2023 sebanyak 750 penerima. Selain pemberian hibah keagamaan,

Bupati Humbahas juga menyerahkan Alsintan kepada masyarakat melalui kelompok tani.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir Junter Marbun mengatakan petani merupakan garda terdepan dalam menjaga ketahanan pangan. Terutama komoditi tanaman pangan, holtikultura, dan perkebunan.

Dalam mendukung itu, perlu mendapatkan perhatian dan bantuan dari Pemkab Humbahas dengan memberikan bantuan Alsintan kepada petani melalui kelompok tani.

Manfaat

Alsintan bertujuan mengurangi biaya tenaga kerja, membantu dan mempermudah pengelolaan lahan. Kemudian mempermudah penanganan pascapanen komoditi tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan. Meningkatkan pendapatan serta meningkatkan ketahanan pangan di Humbang Hasundutan.

Alsintan itu terdiri dari alat pemipil jagung (corn sheller), pompa air, cultivator, power thresher (mesin perontok multiguna). Termasuk mesin pulper (pengupas kulit merah kopi).

Ruddin Carli SE mewakili penerima hibah keagamaan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Humbahas atas bantuan untuk rumah ibadah. Bantuan ini akan mereka manfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peruntukannya, demi meningkatkan kerohanian.

Hulman Silaban mewakili kelompok tani juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Humbahas. “Kami sangat bersukacita Pak. Doa kami kiranya Tuhan memberikan kesehatan kepada bapak Bupati dalam memimpin masyarakat Humbahas. Alsintan ini sangat membantu kami dalam bidang pertanian,” ucap Hulman Silaban.

Anggaran

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengatakan bahwa bantuan hibah keagamaan itu tidak seberapa, karena keterbatasan anggaran. “Bantuan ini tidak seberapa. Terutama pihak gereja, kita harus jauh lebih baik, Kita jangan hanya bahas bantuannya. Tapi kita pikirkan gereja itu harus jauh lebih baik,” katanya.

Bantuan itu, kata Dosmar, sesuai dengan jumlah jemaatnya. “Dipergunakanlah hibah ini dengan rencana kebutuhan anggaran sesuai dengan yang tertuang di NPHD serta dilaksanakan berdasarkan peraturan yang berlaku,” jelas Bupati Humbahas.

Penerima Alsintan, kata Bupati, agar mempergunakan hibah dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya menerima tapi harus merawat dengan benar.

“Alsintan itu bukan milik ketua kelompok tapi milik bersama. Kalau ada petani yang membutuhkan boleh pinjam. Bahkan kalau tidak dipergunakan, Alsintan akan ditarik pemerintah dan diberikan kepada kelompok tani yang membutuhkan,” tegas Bupati Humbahas.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment