Percepat Laju Ekonomi, PLN UID Sumut Teken PJBTL Sektor Industri dan Bisnis Sejumlah 47,5 MVA

PLN sebagai satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pemasok listrik, berkomitmen untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik sektor industri dan bisnis, serta menyambut investasi baru.

topmetro.news – Tingginya investor pasca-Pandemi Covid-19, akan menjadi kunci pemulihan ekonomi di Sumatera Utara. PLN sebagai satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pemasok listrik, berkomitmen untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik sektor industri dan bisnis, serta menyambut investasi baru.

Melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan pelanggan tegangan menengah, PLN telah membuktikan bisa memenuhi kebutuhan listrik dengan kualitas yang baik dan dapat diandalkan.

Penandatangan PJBTL berlangsung di Balai Agung Astakona, Kamis (16/6/2023), dengan sebanyak 24 pelanggan. Turut menyaksikan langsung, General Manager PLN UID Sumatera Utara. Dengan total daya sebesar 47,5 Mega Volt Ampere (MVA), pelanggan tegangan menengah tersebut tersebar di 5 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3). Antara lain, UP3 Medan Utara, UP3 Lubuk Pakam, UP3 Padang Sidimpuan, UP3 Binjai dan UP3 Pematang Siantar.

GM PLN Unit Induk Sumatera Utara Awaluddin Hafid, menyampaikan rasa bangga bisa membangun sinergi dalam mengembangkan bisnis dan usaha dengan pelaku bisnis di Sumatera Utara. PLN juga terus berinovasi dalam menghadirkan pasokan listrik yang andal kepada seluruh pelaku bisnis dan usaha.

“Kami sadar sudah menjadi kebutuhan utama untuk menopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Berbagai hal yang dilakukan PLN dalam menghadirkan pasokan listrik di sektor industri dan bisnis, di antaranya, melakukan pengembangan jaringan, pengembangan infrastruktur, melakukan pemeliharaan untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik yang dibutuhkan oleh pelanggan,” ungkap Awaluddin.

Awaluddin juga menambahkan, PLN sedang bertransformasi untuk meningkatkan pelayanan melalui digitalisasi melalui aplikasi super apps yaitu PLN Mobile. Melalui aplikasi ini pelanggan dapat mengakses berbagai layanan PLN hanya dalam satu genggaman.

Selain itu, dalam mendukung penggunaan energi bersih, Awaluddin juga menawarkan pelaku bisnis untuk menggunakan produk ‘Renewable Energy Certificate’ (REC). Melalui REC pelaku bisnis dan usaha dapat mendeklarasi produk yang telah menggunakan energi baru terbarukan. Sehingga dapat meningkatkan minat di pasar global.

Terima Kasih PLN

Manager Teknik PT Perkebunan Nusantara III Sei Mangkei Bona Pasaribu, salah satu pelanggan dalam penandatanganan PJBTL, mengucapkan terima kasih kepada PLN atas kerjasama serta pelayanan dan penyediaan listrik yang andal di kawasan industri Sei Mangkei. Dengan pasokan listrik yang andal para investor dari luar negeri semakin percaya untuk berinvestasi di Sumatera Utara.

“Kawasan industri Sei Mangkei memiliki luas area sebesar 1.933,8 hektar. Pasca-pandemi, pertumbunan ‘tenant’ cukup signifikan. Perusahaan besar dari luar negeri telah membuka tenant di Sei Mangkei. Di antaranya Jerman, Belanda, Tingkok, India, dan tenant domestik. Untuk itu keandalan pasokan listrik menjadi penting bagi investor untuk berinvestasi di Sumatera Utara,” kata Bona

Pada kesempatan yang sama, PLN juga memperkenalkan salah layanan unggulan dalam menjawab keluhan pelanggan dalam memperbaiki instalasi bangunan/kantor pelanggan. Melalui layanan ListriQu khusus untuk pelanggan tegangan menengah, PLN menyediakan jasa perbaikan instalasi bangunan. Layanan ini berkolaborasi dengan PT Haleyora Power Indonesia.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment