Hadir di The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023, PLN UID Sumut Tambah Pasokan Listrik Berbahan Bakar EBT

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara siap menyerap pasokan listrik menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) pada gelaran The 11th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (ConEx) 2023 pada 12 – 13 Juli 2023

topmetro.news – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara siap menyerap pasokan listrik menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) pada gelaran The 11th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (ConEx) 2023 pada 12 – 13 Juli 2023. Yakni, dengan beroperasinya dua PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro).

Mengusung tema ‘From Commitment to Action: Safeguarding Energy Transition Towards Indonesia Net Zero Emissions 2060’, Menteri ESDM Arifin Tasrif membuka The 11th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (ConEx) 2023.

Dalam acara tersebut hadir Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo. Juga, Chairman of Indonesian Renewable Energy (METI) Wiluyo Kusdwiharto, Direktur PT Pertamina dan tamu undangan lainnya. Turut hadir General Manager PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid sebagai tamu undangan VIP.

Dalam sambutannya, Menteri ESDM mengatakan, segala potensi energi baru dan terbarukan (EBT) di Tanah Air harus dioptimalkan dengan baik. Potensi tersebut harus bisa bermanfaat untuk mendukung ketahanan energi nasional dan pencapaian target bauran EBT.

“Semua sumber energi baru terbarukan harus kita manfaatkan. Untuk itu, kita harus membangun infrastruktur yang dibutuhkan agar sumber energi tersebut dalam dimanfaatkan. Indonesia memiliki potensi EBT yang berasal dari tenaga surya, bayu, hidro, bio energi, panas bumi dan juga laut. Dengan total potensi, mencapai 3.689 Giga Watt (GW). Potensi hidro tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Khususnya di Kalimantan Utara, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Papua,” ujar Arifin, Rabu (12/7/2023).

Ia mengatakan untuk mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060, program ini harus tersusun dan terencana dengan baik. Yakni, dengan berbagai langkah strategis, agar dapat berjalan dengan baik.

Pada The 11th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (ConEx) 2023, Kamis (13/7/2023), juga berlangsung penandatanganan berita acara ‘Commercial Operation Date’ (COD). Yaitu, antara PLN UID Sumatera Utara dengan PT Charma Paluta Energy dan PT Alabama Energy.

Dua PLTM

GM PLN UID Sumut Awaluddin Hafid mengatakan PLTM Sisira Simandame berkapasitas 2 x 2,3 Mega Watt (MW) terletak di Desa Sibokkare. Sedangkan PLTM Anggoci berkapasitas 2 x 4,5 Mega Watt (MW) terletak di Desa Anggoci, Kecamatan Tarabintang, Humbang Hasundutan.

“Dengan beroperasinya dua PLTM ini dapat semakin meningkatkan keandalan pasokan listrik di Sumatera Utara. Dengan beroperasinya dua PLTM ini maka PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara telah mengoperasikan sebanyak 22 pembangkit Independent Power Producer (IPP). Terdiri dari 19 PLTM dan 3 PLTBG dengan daya sebesar 165,127 MW,” ungkap Awaluddin.

Presiden Direktur PT Alabama Energy Mr Teo Cher Koon mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama oleh PLN UID Sumut selama pembangunan PLTM.

“Kami tentunya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pemanfaatan pembangkit listrik minihidro dalam rangka mensukseskan program ‘green energy’ yang ramah lingkungan,” tambah Teo.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment