Surat Pemberitahuan Sudah Disampaikan, 2.000 Massa Akan Unjuk Rasa Sambut Kapolda Sumut

Sebanyak kurang lebih 2.000 massa akan ikut dalam aksi unjukrasa oleh Aliansi Masyarakat Sumatera Utara, untuk menyambut kedatangan Kapolda Sumut yang baru.

topmetro.news – Sebanyak kurang lebih 2.000 massa akan ikut dalam aksi unjukrasa oleh Aliansi Masyarakat Sumatera Utara, untuk menyambut kedatangan Kapolda Sumut yang baru. Setidaknya itu termuat dalam surat pemberitahuan yang mereka sampaikan ke Polda Sumut cq Dirintelkam Polda Sumut, Kamis (20/7/2023).

Dalam surat Nomor: 01/AMS/VII/2023, perihal pemberitahuan aksi itu, mereka memberitahukan kepada Kapolda Sumut, bahwa Aliansi Masyarakat Sumatera Utara akan melaksanakan aksi di Mapolda Sumut. Selain itu, juga akan digelar di Kantor Gubernur Sumut, Kantor DPRD Sumut, Kantor Wali Kota Medan, dan Kantor DPRD Medan.

Surat pemberitahuan diterima oleh staf di Mapolda Sumut, Rismauli Marpaung.

Dalam surat itu mereka sebutkan, aksi mereka laksanakan Hari Selasa tanggal 25 Juli 2023 dari pukul 09.00 WIB sampai selesai. Jumlah peserta kurang lebih 2.000 orang dengan alat peraga, spanduk dan sound system (pengeras suara).

Ada pun tujuan aksi, untuk mendukung Kapolda Sumut, Pemprov Sumjut, dan Pemko Medan dalam menumpas kejahatan yang terjadi di Sumatera Utara dan Kota Medan. Antara lain, peredaran narkoba, begal, geng motor, perjudian, dan kejahatan lainnya.

Ada pun para penanggung jawab aksi sebagaimana terdaftar dalam surat pemberitahuan itu adalah: St Poltak Tampubolon SH MTh (DPC HBB Medan dan F-SB Bupela Indonesia), Tommy Tamba (DPD PJBB Medan), Johan Merdeka (SATU BETOR), Zulkifli (LSM Penjara), Joni Siregar (FRB), Unggul Tampubolon (KTM), Niko Nadeak (JPKP), Ade Dermawan (KIAMAT), dan Ahmad Rizal (GMDM).

Selain ke Mapolda Sumut, surat juga mereka tembuskan ke Gubernur Sumut, Pangdam I/BB, DPRD Sumut, Dandimtabes 0201/Medan, Kapolrestabes Medan, Wali Kota Medan, dan DPRD Medan.

Demi Keamananan

Pada kesempatan itu, kepada media, Ketua DPC HBB Medan St Poltak Tampubolon SH MTh, selaku penanggung jawab aksi dari HBB menyebutkan, mereka akan aksi besar-besaran demi memperjuangkan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang sudah sangat terganggu dengan aksi kriminalitas.

“Kami dari Horas Bangso Batak (HBB) pada Hari Selasa tanggal 25 Juli 2023 tempat titik kumpul Terminal Amplas akan ikut melaksanakan aksi. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat di Sumatera Utara untuk bergabung bersama kami, demi kenyamanan dan keselamatan keluarga kita. Bersama-sama untuk memberikan dukungan kepada Kapolda Sumut yang baru, Bapak Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi,” katanya.

“Kepada Bapak Kapolda Sumut yang baru, kami ucapkan selamat datang di negeri para mafia di Sumatera Utara. Agar Bapak bertindak tegas kepada oknum kejahatan dan para mafia, yang ada di Sumatera Utara. Terutama di Kota Medan,” sambung St Poltak Tampubolon SH MTh.

Sebagaimana suara yang muncul dalam rapat persiapan sebelumnya, ia menyebut beberapa hal yang harus dapat tindakan tegas. Yakni, begal, geng motor, judi online, bandar narkoba, penadah hasil begal, mafia tanah, mafia solar dan gas 3 kg, serta oknum polisi yang nakal di wilayah hukum Polda Sumut.

Senada, Ketum DPP HBB Lamsiang Sitompul juga mengajak seluruh warga untuk bersama-sama mendukung, atau kalau bisa bergabung dalam aksi. “Kita sekarang ini semakin sulit mencari nafkah. Padahal tanpa dipersulit oleh begal, geng motor, dan sebagainya itu pun, kita sudah sulit. Penghasilan tidak seberapa. Tapi harus berhadapan lagi dengan ancaman keselamatan saat mencari nafkah. Ayo mari kita lawan,” tegasnya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment