Pasien Positif Corona Usia 75 Tahun Ini Akhirnya Sembuh

pasien positif Corona

TOPMETRO.NEWS – Perjuangan pasien positif Corona (virus Covid-19) berusia 75 tahun untuk sembuh tak sia-sia. Warga Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, berinisial N itu dinyatakan sembuh dari virus corona. N sebelumnya mendapat predikat pasien pertama positif Corona di Kabupaten Serang.

Pasien Positif Corona Sempat Dirawat Intensif

Agus Sukmayadi, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Serang seperti disiarkan Suara dari SuaraBanten menyebutkan, N sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Banten sejak 29 Maret 2020. Sebelumnya, ia terpapar Covid-19 setelah bepergian ke Jakarta untuk menghadiri suatu pertemuan.

Dari Serang ke Jakarta

Dari hasil tracing pihak Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Serang, N melakukan perjalanan ke Jakarta pada tanggal 14, 17 dan 18 Maret 2020 lalu. Mula-mula, pasien itu menderita demam setelah perjalanan tanggal 18 Maret dari Jakarta.

Dalam perjalanan pulang, pasien sempat mendapat perawatan di RS Siloam, Tangerang. Namun setelah dilakukan rapid test pasien dirujuk ke RSUD Banten setelah menunjukan gejala Covid-19.

Sempat Dirawat 28 Hari

Setelah menjalani perawatan selama 28 hari di rumah sakit pusat Covid-19 Banten tersebut, N terus mengalami kondisi membaik hingga dinyatakan sembuh.

“Iya, setelah dilakukan test swab dan PCR dinyatakan bebas virus Covid-19,” kata Agus, Rabu (29/4/2020).

Agus menambahkan bahwa usia pasien, tidak sepenuhnya menentukan kesembuhan seseorang dari virus yang berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Pola perawatan dan kemauan untuk sembuh sangat mempengaruhi terbentuknya imunitas seseorang.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA WARGA, NKRI UTUH TERJAGA

“Alhamdulillah sesuai dengan faktanya ada kesembuhan yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 kalau memang segera dilakukan penanganan. Mungkin karena perawatannya baik, imunitasnya meninggkat, mengikuti semua anjuran dari tim medis dan rumah sakit sudah bisa kembali ke keluarga,” katanya.

Kendati demikian, ia tetap meminta pasien tetap menjalani protokol kesehatan dengan isolasi selama 14 hari secara ketat di rumah. Apalagi, istri pasien pertama di Kabupaten Serang tersebut telah dinyatakan positif terpapar Covid-19 dari sang suami, kini masih berjuang untuk sembuh dengan isolasi mandiri di rumahnya.

“Tetap melakukan pisical distancing, isolasi mandiri di rumah, tempat tidur terpisah, alat makan terpisah dan perlu ketegasan dari anggota keluarga untuk menjalankan itu. Walaupun istri pasien pertama ini tidak menunjukan gejala sakit (OTG), untuk menghindari reinveksi terhadap pasien pertama yang sudah dinyatakan sembuh. Itu yang dikhawatirkan,” katanya.

Berdasarkan update data Covid-19 di Banten tanggal 29 April 2020 pasien terkonfirmasi positif sebanyak 332 orang, 227 masih dirawat, 59 sembuh dan 46 meninggal dunia.

BACA SELENGKAPNYA | Kisah Nenek 90 Tahun Berhasil Sembuh USai Terjangkit Virus Corona

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, terjangkit virus corona dan positif? Begitulah Wood, seorang nenek 90 tahun asal Washington yang sempat menjadi pasien positif corona Covid-19 namun berhasil sembuh. Padahal pihak keluarganya sempat takut dan khawatir dengan kondisinya.

Awal Maret 2020, nenek renta dengan 11 cucu dan 15 buyut ini menjalani perawatan medis di Harboview Medical Center karena menunjukkan gejala terinfeksi virus corona Covid-19. Adapun gejala yang dialaminya seperti demam, batuk dan sesak nafas.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | suara/suarabanten

Related posts

Leave a Comment