Rekomendasi Kuliner Khas yang Wajib Dicoba Ketika Liburan ke Qatar

Qatar merupakan salah satu destinasi liburan yang lokasinya berada di wilayah Timur Tengah.

SEMPAT ramai dan terkenal karena menjadi tuan rumah pada piala dunia sepakbola di tahun 2022, Qatar merupakan salah satu destinasi liburan yang lokasinya berada di wilayah Timur Tengah. Tidak kalah dengan negara-negara di berbagai belahan benua lainnya, Qatar juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Negara yang terkenal dengan wilayah perkotaannya yang cukup maju ini menjadi salah satu negara yang bisa anda kunjungi ketika anda ingin liburan ke luar negeri.

Tak hanya wilayah perkotaannya yang maju dan pilihan destinasi wisatanya yang beragam, anda juga bisa menikmati berbagai macam wisata kuliner dengan khas kuliner Timur Tengah di Qatar. Tentu, kuliner yang berasal dari Timur Tengah memiliki citarasa tersendiri bagi daerah tersebut. Sekilas mirip dengan makanan Arab, kuliner khas dari Qatar ini juga wajib untuk anda cicipi ketika sedang liburan ke Qatar.

Untuk merencanakan liburan anda menuju ke Qatar, tentunya anda harus mempersiapkan berbagai akomodasi liburan terlebih dahulu. Traveloka menyediakan pilihan jadwal penerbangan dengan berbagai maskapai penerbangan yang bisa anda pilih untuk menemani perjalanan anda. Salah satu maskapai penerbangan yang cukup populer adalah Qatar Airways. Selain itu, anda juga bisa mempersiapkan akomodasi liburan lainnya seperti reservasi penginapan, dan lain-lain.

Berikut ini merupakan deretan rekomendasi wisata kuliner di Qatar yang wajib anda coba. Simak ulasan selengkapnya.

1. Machboos

Machboos merupakan makanan populer khas Qatar yang berbahan dasar nasi. Selain nasi, berbagai macam bahan juga diolah untuk menjadi bumbu dan pelengkap. Machboos ini mengolah nasi dengan cara dimasak dalam waktu yang lama bersama dengan berbagai macam rempah dan daging, seperti ayam, domba atau unta. Untuk macam-macam rempahnya, kuliner yang satu ini menggunakan cengkeh, jinten, kunyit, ketumbar, dan jeruk nipis. Rempah-rempahan tersebut dimasak bersamaan dengan nasi dan juga daging. Machboos ini tentu akan sangat lezat untuk disantap dan kayak akan rasa dari berbagai rempah yang digunakan. Di Qatar, anda akan sangat mudah untuk menemukan kuliner khas yang satu ini, karena biasa dijual di berbagai restoran di Qatar.

2. Thareed

Selain nasi, roti juga biasa menjadi bahan dasar pada makanan khas di Qatar. Disana, roti memang sudah biasa menjadi makanan pengganti beras ataupun gandum. Salah satu makanan khas yang mengolah roti sebagai bahan dasarnya adalah Thareed. Thareed merupakan makanan khas Qatar yang berupa campuran dari sup kaldu ayam atau domba. Sup kaldu tersebut dimasak bersama saus tomat dan juga sayuran, rempah rempahan, daging. Lalu, sup kaldu tersebut nantinya dituangkan di atas Tannour, yaitu sebuah roti khas Qatar yang berbentuk pipih.

3. Harees

Makanan khas Qatar yang satu ini memiliki sejarah yang sangat menarik untuk diketahui. Konon katanya, Harees merupakan menu favorit Nabi Muhammad pada saat berbuka puasa. Makanan khas Qatar yang satu ini mengolah gandum sebagai bahan dasarnya. Harees merupakan bubur khas dari Qatar. Bubur yang satu ini terbuat dari gandum dan dicampur dengan potongan daging, lalu dimasak di sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat.

4. Luqaimat

Selain terdapat makanan-makanan dengan rasa yang gurih, ada juga makanan khas Qatar yang rasanya manis. Luqaimat merupakan makanan khas Qatar yang sedikit mirip dengan roti goreng atau donat. Makanan favorit para warga Timur Tengah ini bentuknya bulat-bulat kecil. Luqaimat dibuat dengan cara digoreng. Luqaimat dihidangkan dengan cara dicelupkan kedalam sirup manis. Rasanya yang manis membuat makanan khas Qatar yang satu ini sering dijadikan sebagai makanan penutup favorit bagi para warga disana.

5. Gahwa

Untuk anda para pecinta kopi, jangan sampai melewatkan minuman khas Qatar yang satu ini ketika sedang liburan disana. Gahwa merupakan kopi khas Arab yang menjadi minuman favorit para masyarakat Qatar. Gahwa ini mengolah kopi Arabika sebagai bahan dasarnya, dengan campuran rempah-rempah seperti kapulaga. Rasanya yang kaya akan rempah tentu terasa lebih unik.

6. Teh Karak

Selain kopi, masyarakat Qatar juga menyukai teh sebagai minuman khas yang sering disajikan ketika sedang berkumpul dan berbincang. Disana, terdapat teh khas Qatar yaitu Teh Karak. Teh Karak ini terbuat dari berbagai campuran bahan dan juga rempah, seperti susu, gula, kayumanis, saffron, kapulaga dan juga cengkeh. Selain menyegarkan badan, Teh Karak juga dipercaya dapat menyehatkan badan karena terdapat rempah-rempah yang menyehatkan didalamnya.

Demikian beberapa rekomendasi kuliner khas Qatar yang wajib untuk anda coba ketika sedang liburan disana. Liburan ke Qatar tentu rasanya tidak lengkap jika melewatkan kuliner-kuliner khas yang wajib dicoba. Tertarik untuk pergi liburan ke Qatar? Segera rencanakan perjalanan anda dan pesan segala kebutuhan akomodasi liburan, seperti tiket pesawat, reservasi hotel dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Traveloka akan mempermudah anda untuk merealisasikan perjalanan liburan anda. Segera download aplikasi Traveloka dan dapatkan liburan yang seru dan menyenangkan. (***)

Related posts

Leave a Comment