Kawal Pemilu Berkualitas, Dewan Pers Gelar Workshop Bagi Jurnalis di Medan

Kawal Pemilu Berkualitas, Dewan Pers Gelar Workshop Bagi Jurnalis di Medan

topmetro.news – Dewan Pers menggelar Workshop Peliputan Pemilu 2024 bersama wartawan di Medan untuk bersama-sama mengawal pemilu yang berkualitas dan demokrastis. Workshop diselenggarakan di Hotel Santika Dyandra , Kamis (3/8/2023).

Anggota Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro menyampaikan kehadiran Dewan Pers untuk dapat meningkatkan kualitas jurnalisme insan pers di Sumut, tujuannya untuk mengajak pekerja Pers di Sumut untuk sama-sama mengikuti dan melakukan tugas sebagai pers dalam mengawal demokrasi di Indonesia.

“Tahun depan merupakan peristiwa penting di mana pers harus dapat mengawal dan menjaga demokrasi, khususnya dalam penyebaran informasi dan edukasi,”ujarnya.

Atmaji mengatakan lagi , banyak pertimbangan atau pasal-pasal di mana Pers sebagai salah satu wadah kepentingan publik. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan masukan kepada KPU dan Bawaslu sebagai pelaksana tugas pemilu.

“Mengangkat informasi mengenai demokrasi dalam liputan Pers harus dapat mengikuti UU yang melandasinya maupun kode etik jurnalistik,” imbuh Atmaji.

Ia menjabarkan peran Pers dalam peliputan Pemilu bahwa Pers harus bersifat independen, menjadi instrumen negara dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Anggota Dewan Pers, Atmaji Sapto Anggoro saat memberikan materi tentang Pedoman Peliputan Pemilu lebih menekankan bahwa Pers juga harus memberi informasi mengenai pemilihan umum agar nantinya terpilih pemimpin yang akuntabel dan bertanggung jawab.

Artinya, Pers bisa mewakili publik dalam pengawasan terhadap penyelenggaraan demokrasi.

“Pers menjadi pilar ke 4 demokrasi yang dapat membantu KPU dan Bawaslu. Agar pemilu berlangsung aman dan lancar hingga terpilihnya pemimpin yang dapat mensejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Workshop tersebut menghadirkan Ketua KPU Sumut Herdensi S.Sos, M.S memaparkan materi tentang “Mekanisme Penyelenggaraan Pemilu”, kemudian Ketua Bawaslu Sumut yang diwakili Koordinator Devisi Humas Datin Bawaslu Saut BoangManalu membawa topik “Hormati Perbedaan Pilihan Jaga Persaudaraan”, kemudian Anggota Dewan Pers, Atmaji Sapto Anggoro dengan materi Pedoman Peliputan Pemilu “Pers Berkualitas untuk Demokrasi Berkualitas”, serta dihadiri juga Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik,Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu, Saksi Ahli Dewan Pers
Nurhalim Tanjung, serta Pimred dan wartawan yang ada di Kota Medan.

Penulis: Rony

Related posts

Leave a Comment