Tabur Benih Ikan di Desa Parbubu II, Nikson Nababan Berharap Bisa Menjadi Pusat Ikan Air Tawar di Kecamatan Tarutung

Bupati Tapanuli Utara Dr Drs Nikson Nababan MSi menaburan benih ikan mas dan ikan nila 7.500 ekor dan menyerahkan pakan ikan 30 kg

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Dr Drs Nikson Nababan MSi menaburkan benih ikan mas dan ikan nila 7.500 ekor dan menyerahkan pakan ikan 30 kg di Dusun Anyelir Desa Parbubu II Kecamatan Tarutung, Kamis (3/8/2023).

Penaburan ikan itu di kolam yang dicetak Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan seluas 4 ha milik Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Dos Ni Roha desa itu. Selain mencetak sawah dengan alat berat excavator, juga membuka jalan produksi sepanjang 500 meter.

Dalam bagian bimbingan dan arahannya, Bupati menyampaikan terima kasih atas sambutan masyarakat dengan sajian makanan yang luar biasa.

“Suatu hal yang luar biasa bila program pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara seperti budidaya bibit ikan ini bisa disambut baik oleh warga. Selama ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sudah melakukan mekanisasi pertanian dan budidaya ikan tawar,” jelas Bupati.

Ia menambahkan, untuk mendukung program pemerintah, peminjaman alat berat membuka lahan dan penyerahan bantuan benih ikan tidak ada pungutan biaya sama sekali.

“Kita harap Desa Parbubu II bisa menjalankan budidaya ikan tawar ini dengan baik, dan berkembang pesat,” sebut Bupati didampingi Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Tapanuli Utara Ir Longgos Buha Pandiangan dan beberapa pimpinan OPD terkait, para camat se-Kabupaten Tapanuli Utara dan Kepala Desa Parbubu II.

Mandiri

Lebih lanjut Nikson Nababan berharap, ke depannya kelompok budidaya ikan semakin mandiri untuk mengelola bibit sampai bisa panen. Kemudian membuat bibit ikan lagi.

“Dinas Ketapang akan siap membantu mengarahkan. Saya harap Desa Parbubu II ke depannya bisa menjadi supplier ikan tawar di Tarutung,” katanya.

Bupati juga berharap kepala desa memberikan perhatian kepada kelompok budidaya ikan tawar (Pokdakan) Dos Ni Roha.

“Kiranya bantuan yang diberikan ini bermanfaat buat Desa Parhubu. Bisa juga tempat ini dijadikan tempat memancing dan suatu saat bisa membuat turnamen lomba memancing di tempat ini. Selanjutnya jalan menuju lokasi kolam akan ditingkatkan kualitasnya menjadi lapem supaya akses menuju tempat ini mudah ditempuh begitu juga dengan bedah rumah akan diupayakan tahun depan,” tambah Bupati.

Bersyukur

“Saya juga bersyukur atas kesempatan ini bisa membawa kedua anak saya si kembar Abraham dan Jonathan ikut menabur benih ikan. Sekaligus agar mereka melihat langsung masyarakat desa dan kehidupan di desa pinggiran. Hingga bisa sebagian kecil merasakan, memahami dan mengerti apa yang
saya kerjakan selama ini di Tapanuli Utara. Harapan saya kelak mereka akan selalu ingat pulang dan rindu ke ‘bonapasogit’,” urainya.

“Semoga kolam ikan ini bisa mandiri ke depan dan mensejahterakan rakyat Desa Parbubu II. Juga bisa menjadi sentra kebutuhan ikan tawar di Kota Tarutung,” tutup Bupati.

Terima kasih

Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Dos Ni Roha Jantua Lumbantobing beserta para anggotanya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Taput, khususnya Nikson Nababan dan rombongan, yang berkenaan datang ke Desa Parbubu II dalam rangka memberikan bibit ikan.

“Sudah hampir 10 tahun Bapak Nikson Nababan memimpin Kabupaten Tapanuli Utara. Kami warga Desa Parbubu II sudah melihat dan merasakan kinerja Bapak yang selalu merangkul kami warga. Terima kasih yang setinggi-tingginya kami ucapkan kepada Bapak telah mendukung kami membudidayakan ikan di tempat kami dengan memberikan bantuan benih ikan pada saat ini. Selain bibit ikan, Bapak juga sudah memberikan kami bantuan alat berat, sehingga kami bisa membuka lahan yang terlantar yang berpotensi membuat kolam ikan sebagai tempat budidaya ikan,” urainya.

“Kami doakan yang terbaik buat Bapak Bupati dan keluarga dalam mengemban tugas di Kabupaten Tapanuli Utara. Semoga budidaya ikan di desa ini bisa berjalan lancar dan membantu perekonomian rakyat,” ungkap Jantua.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment