Bupati Humbahas Buka Diklat Capaskibraka Tahun 2023

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Makden Sihombing SSos MM membuka secara resmi Diklat Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2023, Kamis (3/8/2023), di Doloksanggul.

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Makden Sihombing SSos MM membuka secara resmi Diklat Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2023, Kamis (3/8/2023), di Doloksanggul.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Makden Sihombing SSos MM, Bupati Humbahas menyampaikan bahwa Capaskibraka yang berjumlah 40 yang terpilih itu, tentunya sudah melalui seleksi yang dilaksanakan oleh panitia.

Karna itu, Pemkab Humbang Hasundutan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan waktu dan pikirannya, sehingga Diklat Capaskibraka Tahun 2023 bisa terlaksana. “Salah satu indikator keberhasilan detik-detik Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2023 ada di tangan adik-adik Paskibraka. Oleh karena itu, pelatihan ini harus diikuti dengan sebaik-baiknya,” katanya.

“Selain itu, diharapkan Capaskibraka dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan ini mampu menunjukkan bahwa bahwa adik-adik adalah putra, putri terbaik Humbang Hasundutan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada Peringatan Hari Kemerdekaan RI nantinya,” lanjut Bupati.

Sementara itu dalam laporannya, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Jakkon Halomoan Marbun SE MM menyampaikan bahwa tujuan diklat Capaskibraka adalah untuk membentuk mental, melatih kesiapan fisik, membangkitkan rasa nasionalisme dan membentuk karakter pemuda yang kuat, beriman dan taqwa kepada TYME, sehingga memiliki akhlak dan moral yang mulia.

Pada pembukaan itu hadir Pabung Humbahas Mayor Ojak Simarmata mewakili Dandim 0210/TU, Togi Hasibuan mewakili Kajari, dan Aiptu Rustam mewakili Kapolres. Hadir juga instruktur pelatih dari TNI/Polri dan purna-Paskibraka Humbang Hasundutan.

Tantingan

Sebelum acara mulai, terlebih dahulu berlaqngsung penyambutan peserta Calon Paskibra. Acara ini bernama ‘Kegiatan Tantingan’, yakni tanda akan mulai Diklat Paskibraka Tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan. Yaitu mulai Hari Kamis 3 Agustus 2023 hingga 17 Agustus 2023, di Hotel dan Resto Martin Anugerah, Doloksanggul.

Pendidikan dan Pelatihan Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan ini terdiri dari 40 orang peserta dari siswa/i SMA/SMK dan MAN se-Humbahas. Mereka akan mengikuti pembinaan dan pelatihan oleh instruktur dari TNI/Polri dan purna-Paskibra Humbang Hasundutan.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment