5 Perbedaan Karakter Superhero DC dan Marvel

5 Perbedaan Karakter Superhero DC dan Marvel

topmetro.news – Bagi kalian yang menyukai film superhero seperti Batman, Spiderman, Wonderwoman, dll. Pasti sudah tidak asing dengan DC dan Marvel, kedua perusahaan ini adalah pembuat film dari para karakter superhero tersebut. Dilansir dari penggemarvel.net Namun, diantara banyaknya karakter yang ada ternyata terdapat perbedaan lho dari karakter superhero DC dan Marvel.

Berikut adalah perbedaan karakter superhero DC dan Marvel:

1. Tidak Adanya Sidekicks

Sidekicks alias sahabat karib merupakan salah satu aspek penting didalam terciptanya sosok-sosok karakter superhero. Dengan adanya Sidekikcks maka penggemar akan lebih mengenal karakter superhero favoritnya. Namun ada yang menarik dari Superhero DC dan Marvel bahwa karakter pada marvel tidak ada yang memiliki sidekick.

Hal tersebut bersesuaian dengan pernyataan Stan Lee sang pembuat karakter Marvel “Saya benci remaja dalam komik karena mereka selalu menjadi sidekick. Tapi saya pikir menarik untuk menjadikan remaja sebagai pahlawan. Apa yang akan terjadi jika seorang anak remaja mendapatkan kekuatan?,” kata Stan Lee.

2. Dari Jenis Kejahatan

Perbedaan utama DC dan Marvel yang pertama adalah jenis kejahatan yang harus dilawan oleh para karakter superheronya. Superhero dari DC harus melawan kegilaan yang ada di planet Bumi entah itu dari penduduknya sendiri atau juga dari makhluk lain yang ingin menguasainya.

Hampir semua pertarungan yang terjadi pada superhero DC berada di Bumi, entah itu kedatangan makhluk asing atau kegilaan yang ditimbulkan penjahat seperti Joker.

Sementara Konsep Superhero Marvel yang lebih terlihat seperti manusia biasa, yang harusnya juga menempatkan mereka di posisi sebagai musuh yang juga sama-sama manusia. Karakter seperti Iron Man, Captain America, dan Hawkeye semuanya manusia biasa yang memang punya kemampuan di atas rata-rata manusia normal.

Akan tetapi tidak jarang musuh-musuh yang harus mereka hadapi memiliki level yang jauh di atas manusia bahkan kegilaan yang ada di DC. Mereka harus siap melawan raksasa Thanos dengan bahaya besarnya, Ego si planet yang hidup, terlebih lagi ancaman seperti Dormammu dan Galactus.

3. Ketenaran Karakter Superhero

Kalau Superhero DC rata-rata kebanyakan dewa seperti Wonder Woman, alien seperti Superman, dan warga Atlantis seperti Aquaman. Superhero Marvel kebanyakan hanya manusia biasa, namun mereka semua mempunyai kekuatan super yang mungkin terlalu jauh untuk diimajinasikan.

Contoh kecilnya adalah Stave Rogers atau yang lebih dikeal dengan Captain America dulunya hanyalah seorang pria dari Brooklyn yang berbadan mungil namun diberikan kekuatan diatas rata-rata manusia lainnya, namun ia tetap memainkan perannya sebagai manusia biasa.

4. Karakter Para Superhero

Kalau seseorang yang paham tentang Superhero, bahwa mereka tidak hanya memelalui kekuatan nya saja. Akan tetapi juga dari keunikan lain yang melekat dengannya. Karakter pada Superhero DC biasanya lebih menekankan keunikan lain yang bisa ditunjukan ke manusia lannya. Contohnya Superman dan Batman, yang menjadi symbol harapan dan keadilan. DC lebih fokus terhadap hal-hal tersebut sehingga mengesampingkan keunikan dari karakter Superheronya.

Superhero Marvel di sisi lain sangat mudah dimengerti dilihat dari kepribadian mereka masing-masing. Iya sih mereka memang lebih sering keliatan kalo pas lagi make kostum andalan mereka dan bertarung lawan musuh hebat, tapi sisi kepribadian mereka juga tidak ketinggalan. Hal ini bikin para fans Marvel bisa secara emosional lebih dekat sama para Superhero dambaan mereka karena kadang ngerasa masalah yang dihadapi para Superhero juga bisa kejadian sama mereka.

5. Cara Melawan Musuh

Perbedaan utama DC dan Marvel selanjutnya adalah dari kinerja para Superheronya. Superhero DC emang sebagian besar sangat kuat seperti Wonder Woman dan Superman yang bisa dibilang dewa. Kekuatan mereka ini bisa banget diandelin untuk ngelawan musuh ratusan atau ribuan jumlahnya.

Hal ini ternyata berpengaruh ke kinerja mereka yang kesannya lebih sering bergerak secara individu. Superman, Wonder Woman, Batman, dan anggota Justice League lainnya jarang-jarang ketemu barengan kalo enggak karena ada masalah yang sangat fatal seperti Doomsday dan Steppenwolf.

Nah Kalo Superhero DC lebih suka bekerja individu, Superhero Marvel justru lebih sering bekerja sebagai satu tim. Ga heran aja sih soalnya Avengers berisi orang-orang hebat, tapi kehebatan mereka ada batasannya dan mereka juga tau soal itu.

Keterbatasan masing-masing Superhero Marvel bukan jadi alasan buat mereka ga bisa bertarung demi kebaikan makanya mereka selalu begerak dalam tim. Ga cuman pas lagi lawan Thanos aja, para Superhero Marvel juga kerjasama bahkan untuk mengatasi masalah kecil seperti serangan teroris sekalipun. Kesannya Superhero Marvel ini lebih solid satu sama lain.

Related posts

Leave a Comment