Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Humbahas Hikmad dan Lancar

Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 di Kabupaten Humbang Hasundutan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Doloksanggul, Kamis (17/8/2023), berjalan dengan hikmad dan lancar.

topmetro.news – Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 di Kabupaten Humbang Hasundutan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Doloksanggul, Kamis (17/8/2023), berjalan dengan hikmad dan lancar.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menjadi inspektur upacara dan sebagai komandan upacara, Kasat Sabhara Polres Humbang Hasundutan AKP Leonard Simanjuntak SH.

Sebelum pembacaan Naskah Detik-detik Proklamasi oleh Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol SH, sirine dan lonceng gereja dibunyikan beberapa saat, dan Naskah Detik-detik Proklamasi berkumandang.

Penaikan Bendera Merah Putih yang diiringi Lagu Indonesia Raya dilaksanakan oleh Paskibraka yang sudah dikukuhkan oleh Bupati Humbahas satu hari sebelum Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dilaksanakan.

Hadir LVRI Humbahas, ketua, wakil ketua dan anggota DPRD, Wakil Bupati Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH, Kajari Anthony SH, Kapolres AKBP Hary Ardianto SIK, Pabung 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, Sekda Drs Tonny Sihombing, Ketua TP PKK Lidia Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Erma Oloan Paniaran Nababan, Ketua Bayangkari Humbahas Nita Hary Ardianto, Ketua Adhyaksa Dharma Karini Humbahas Ismaryanti Anthony, Ketua DPW Marista Tonny Sihombing, dan seluruh elemen masyarakat.

Dosmar Banjarnahor SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kemerdekaan RI Indonesia ini merupakan buah dari kegigihan perjuangan panjang para pahlawan bangsa, tanpa kenal kata menyerah, mengorbankan tenaga, harta dan bahkan tetesan darah dalam mengusir penjajah.

Meski dihadapkan keadaan yang sangat sulit saat itu, para pahlawan tidak mengeluh, harapan terus dikobarkan dengan menjunjung semangat gotongroyong dan rasa persatuan, berjuang sekuat tenaga melawan penjajah untuk merebut dan mempertahankan kedaulatan bangsa.

“Tema Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 adalah ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’. Sekaitan dengan tema tersebut, sebagai ungkapan terimakasih kita kepada pahlawan dan para pejuang yang telah gugur merebut kemerdekaan, sudah sepatutnya kita mengisi kemerdekaan tersebut dengan karya-karya nyata kita. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat diminta untuk bersinergi mewujudkan Indonesia Maju,” katanya.

Hal ini juga sangat relevan dengan kemauan Pemkab Humbahas yang saat ini telah berusia 20 tahun dan telah dirayakan pada tanggal 28 Juli 2023 lalu.

“Kita berbangga hati dengan capaian dan prestasi yang diperoleh Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai bukti telah berusaha mengisi kemerdekaan degnan melakukan upaya pembangunan di segala aspek kehidupan. Antara lain bidang pertanian melalui peningkatan potensi yang ada secara profesional. Bidang pendidikan dengan peningkatan IPM Tahun 2022 di angka 70,32, dengan mendorong metode ‘gasing’ dalam pelajaran matematika, selanjutnya dengan pemberian beasiswa kepada siswa yang masuk SMA unggul dan perguruan tinggi dengan peringkat 10 ditambah USU dengan jurusan akreditasi A,” katanya.

Bidang kesehatan, dengan tersedianya pelayanan kesehatan di RSUD akreditasi paripurna (bintang lima), peningkatan kesehatan masyarakat dengan pengendalian dan pencegahan penyakit menular serta saat ini pemerintah fokus kepada penanganan stunting untuk mewujudkan Humbahas bebas stunting tahun 2024.

“Bidang infrastuktur dengan peningkatan jangkauan dan kualitas infrastuktur yang diarahkan pada kawasan potensial ekonomi. Hal ini dapat kita lihat, saat ini jumlah jalan dalam kondisi mantap mencapai 73,193 dari panjang 891,96 kilo meter,” katanya.

Bidang pariwisata, dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas pariwisata yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan sehingga meningkatkan daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Pemkab Humbahas saat ini telah membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan harapan peningkatan profesionalisme dan kualitas pelayanan melalui pendekatan kepada masyarakat dengan adanya akses yang mudah dan cepat untuk mengurus dokumen kependudukan dan perizinan serta dokumen lainnya.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment