Perkuat Sinergitas, Baskami Terima Kunjungan Komisioner Bawaslu Sumut

Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting menerima kunjungan para komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut, di ruang kerjanya, Rabu (30/8/2023).

topmetro.news – Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting menerima kunjungan para komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut, di ruang kerjanya, Rabu (30/8/2023).

Kepada awak media, Baskami Ginting menyampaikan, pertemuan tersebut sangat penting guna meningkatkan sinergitas antar lembaga menghadapi Pemilu Serentak 2024.

Khususnya, lanjut Baskami, yaitu terkait seluruh regulasi dan tahapan yang mengatur tentang pesta demokrasi tersebut.

“Di sini (DPRD Sumut) banyak caleg incumbent yang juga perlu dapat pencerahan. Agar tidak ada salah tafsir pada peraturan PKPU, Perbawaslu yang mengatur seluruh mekanisme kepemiluan,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Baskami, DPRD Sumut meminta kepada para komisioner Bawaslu untuk menjadi narasumber pada Rapat Kerja DPRD Sumut 2023 yang berlangsung sebentar lagi.

“Kita harus mendapatkan sosialisasi dan rambu-rambu tentang kampanye, pelanggaran pemilu dan peraturan lainnya. Agar nantinya para anggota dewan yang masih menjabat, tidak melanggar peraturan,” ungkapnya.

Baskami berharap dengan soliditas antar stakeholder, mensukseskan perhelatan lima tahunan itu. “Saya kita pemerintah daerah juga siap memberikan dukungan kepada penyelenggara Pemilu. Baik berupa fasilitas maupun dukungan anggaran untuk gelaran pemilihan yang akan datang,” imbuhnya.

Pantauan lapangan, rombongan komisioner Bawaslu dipimpin Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis, Saut Boang Manalu, dan Payung Harahap.

M Aswin Lubis menyampaikan, Bawaslu membutuhkan kolaborasi dan sinergi dengan stakeholder dan masyarakat dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

“Kita harapkan dengan sinergitas yang kuat, maka akan menghindari para caleg termasuk caleg petahana agar tidak melakukan pelanggaran Pemilu,” tambahnya.

Sementara itu, komisioner Bawaslu Sumut lainnya, Saut Boang Manalu menyampaikan, pelaksanaan Pemilu juga membutuhkan dukungan berbagai pihak.

“Tentunya kerja-kerja ini akan dipermudah dengan sinergitas yang kuat. Sehingga pemilu demokratis dapat terwujud,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment