Begal Berkurang Drastis, Anggota DPRD Sumut Artha Berliana Samosir SH Apresiasi Kapolda Sumut

Anggota DPRDSU Artha Berliana Samosir SH mengapresiasi kinerja Kapolda Sumut Irjen Pol Agung SI Effendi SH SIK MSi, khususnya terkait penanganan begal dan geng motor.

topmetro.news – Anggota DPRDSU Artha Berliana Samosir SH mengapresiasi kinerja Kapolda Sumut Irjen Pol Agung SI Effendi SH SIK MSi, khususnya terkait penanganan begal dan geng motor.

“Sebelumnya kan kita sama-sama ketahui, bahwa geng motor dan begal serta kejahatan lainnya di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan, Belawan, dan Binjai, sangat mencemaskan dan meresahkan masyarakat. Dan sekarang, situasi sudah jauh lebih aman dan kondusif. Sehingga sangat patut kita mengapresiasi kinerja Kapolda Sumut, Pak Irjen Pol Agung Effendi, beserta jajarannya,” kata Artha Berliana Samosir kepada media, Selasa (12/9/2023).

Caleg DPRD Sumut dari PDI Perjuangan ini pun berharap, agar ke depan, situasi yang sudah kondusif tersebut dapat terus berlangsung. “Kita merasa bahwa situasi saat ini sudah mendukung masyarakat untuk melaksanakan aktifitas masing-masing. Dan tentunya kita berharap, agar ke depan, situasi seperti ini bisa terus bertahan,” kata Artha Berliana.

Figur yang intens memberi perhatian kepada masyarakat kalangan bawah ini juga mengajak seluruh warga untuk bersama-sama mendukung kinerja aparat kepolisian dalam memberantas segala tindak kejahatan. “Sebab tanpa dukungan kita selaku masyarakat, maka kinerja kepolisian juga tidak maksimal. Jadi mari kita dukung kinerja mereka. Misalnya dengan melaporkan kalau ada tindak kejahatan di seputar lingkungan kita,” imbaunya.

“Sebagaimana saya katakan beberapa waktu lalu, jika masyarakat bekerja-sama atau membantu aparat kepolisian di Sumut khususnya Kota Medan, maka gerombolan begal dan geng motor yang sadis dan brutal akan cepat teratasi,” ucap Artha Berliana Samosir.

Narkoba

Sebelum ini, ketika begal dan geng motor masih merajalela, Artha Berliana Samosir memang sudah mendesak Kapolda Sumut yang baru, supaya serius menangani tindak kriminal meresahkan tersebut.

“Kepada Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) yang baru, yakni Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, kita harapkan berani dan teguh pendirian untuk memberantas para begal dan geng motor di Sumut dengan tindak tegas dan serius,” katanya ketika itu.

Saat itu, selaku anggota DPRD Sumut dari Fraksi PDI Perjuangan, Artha Berliana Samosir mengaku sangat prihatin dengan keberadaan begal dan geng motor di Sumut, terkhusus Kota Medan, Belawan, dan Binjai.

Padahal menurutnya, para geng motor sebenarnya selalu menunjukkan identitasnya, kelompoknya, benderanya serta wilayahnya. Sehingga tidak begitu sulit menumpasnya. Sebab gerakan mereka bukan seperti teroris yang sulit terdeteksi.

Lanjut Artha, ketika itu, sebagian kekuatan begal dan geng motor ini juga tidak terlepas dari keberadaan bandar narkoba. Ada dugaan, para bandar narkoba itu ikut masuk sebagai pembina geng motor di balik layar.

Sehingga berkaitan dengan itu, Artha sempat memberi solusi pemberantasan begal dan geng motor dengan membentuk ‘Tim Forkopimda Ketertiban Umum’ di tiap lingkungan. Sehingga pergerakan geng motor dan begal lebih cepat terdeteksi.

Namun dengan kondisi yang sudah aman, sekali lagi anggota Dewan Dapil Sumut 1 ini mengapresiasi langkah tegas aparat Polda Sumut yang terus memerangi pelaku kejahatan di Sumut.

“Harapan kita, langkah tegas ini terus berkesinambungan, demi mengantisipasi dan mencegah agar aksi kejahatan tidak berulang lagi,” tutupnya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment