Agustus 2023, Kredit BTN Naik Hampir Double Digit

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatatkan kenaikan posisi kredit dan pembiayaan sekitar 9,9 persen secara tahunan.

topmetro.news – Mengakhiri bulan ke delapan tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatatkan kenaikan posisi kredit dan pembiayaan sekitar 9,9 persen secara tahunan.

Dalam laporan keuangan Bulan Agustus 2023, Kamis (14/9/2-23), posisi kredit dan pembiayaan BTN yakni sekitar Rp314,2 triliun per Agustus 2023. Posisi tersebut tumbuh 9,9 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp286,1 triliun di Agustus 2022.

Sebelumnya, Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, perseroan membidik pertumbuhan kredit di level sekitar 10 persen yoy. Pertumbuhan tersebut, lanjut Nixon, akan ditopang oleh KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Subsidi, KPR Non-Subsidi dan kredit high yield.

“Dengan indikator makro yang semakin kondusif, kondisi perekonomian dan perbankan nasional juga akan semakin membaik karena terdorong juga oleh beberapa stimulus,” ujar Nixon belum lama ini.

Sementara itu, pertumbuhan positif pada kredit di emiten bersandi saham BBTN tersebut terpantau ditopang kegiatan akad massal yang aktif digelar. Di paruh kedua tahun ini, BTN juga tercatat telah menggelar akad KPR massal mencapai 10.000 unit secara serentak di seluruh Indonesia.

Gelaran akad massal tersebut merupakan komitmen BTN dalam mendukung Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam merealisasikan Program Satu Juta Rumah.

BTN juga memfokuskan akad KPR massal tersebut pada area-area perumahan yang dekat dengan sarana transportasi umum. Sebagai contoh, akad KPR massal pada Agustus 2023 terlaksana di Perumahan Puri Delta Tigaraksa. Perumahan ini dekat dengan Stasiun Tigaraksa dan Stasiun Tenjo.

“Perumahan Puri Delta Tigaraksa ini sesuai dengan konsep TOD (Transit Oriented Development), karena jarak dengan stasiun dekat. Dan memudahkan mobilisasi para karyawan yang bekerja di Jakarta,” tutur Nixon.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment