Wow…! Rupanya Sosok Pria ini Mulai Digadang-Gadang Bakal Jadi Penantang Keras Ir Zahir MAP

Pilkada Batubara tinggal setahun lagi. Namun sampai detik ini, belum ada satu sosok pun yang muncul ke publik sebagai calon penantang bupati petahanan, Ir Zahir MAP.

topmetro.news – Pilkada Batubara tinggal setahun lagi. Namun sampai detik ini, belum ada satu sosok pun yang muncul ke publik sebagai calon penantang bupati petahana, Ir Zahir MAP.

Belum adanya penantang ‘incumbent’, jelas menimbulkan banyak penafsiran. Baik kalangan elit di ‘Bumi Bertuah’, hingga akar rumput, sering melontarkan opini macam-macam. Ada yang menyebut bahwa tak ada yang berani melawan Ir Zahir MAP. Bahkan tidak sedikit yang memperkirakan kalau bupati petahana hanya akan melawan kotak kosong pada pilkada mendatang.

Ternyata anggapan dan perkiraan soal opini publik perlahan mulai terbantahkan. Pasalnya semakin ke mari, semakin mulai bermunculan penampakan bakal calon penantang keras Sang Bupati Incumbent. Perkara menang atau kalah, itu soal lain. Yang pasti, besar kemungkinan, Ir Zahir MAP batal melawan kotak kosong.

Bahkan tak main-main. Seorang pemerhati sosial politik di Batubara memperkirakan, perlahan tapi pasti, bakal ada sosok kuat penantang Zahir. Beragam elemen masyarakat Batubara pun sudah mulai secara aktif ‘menyenter’ sosok yang layak untuk maju pada Pilkada Batubara.

Bahkan sempat mengemuka, ada kelompok masyarakat mendesak agar sosok Kombes Pol (Purn) Ikhwan berkenan ikut Pilkada Batubara.

H Surya BSc

Kini ada juga suara yang menginginkan sosok lain agar bersedia ikut Pilkada Batubara, yakni H Surya BSc. Adalah ormas GM Pujakesuma Batubara melalui ketuanya Ahmad Dwi Sakti Hidaya SE yang menyebutkan, H Surya BSc sangat pantas menjadi pesaing petahana.

Kepada wartawan, tokoh pemuda Etnik Jawa kelahiran Sumatera tersebut mengungkapkan, bahwa ada sosok mumpuni dari Suku Jawa yang menurutnya sangat layak dan pantas memimpin Kabupaten Batubara. Bukan hanya sekadar ikut-ikutan. Namun sosok tersebut kelak diyakini mampu mengalahkan Ir Zahir MAP.

“Saat ini Beliau memang masih menjabat sebagai Bupati Asahan. Namun di Kabupaten Batubara sosok H Surya BSc sudah sangat terkenal. Sebab Beliau mantan Ketua DPRD Batubara yang pertama usai mekar menjadi daerah otonomi baru,” pungkas Dwi penuh semangat.

Masih menurut Dwi, bahwa H Surya BSc yang lahir pada 22 Mei 1955 lalu, merupakan salah seorang tokoh pendidikan di Batubara. Sebab beberapa lama sempat menjadi Kepala SMK Swasta Budi Darma Indrapura. Artinya bahwa H Surya BSc sendiri sudah lama dan begitu banyak berbuat di Batubara, khususnya di dunia pendidikan.

“Setelah menyelesaikan pendidikan Diploma 3 di STTM Medan, Beliau menjadi guru di SMK Amir Hamzah Indrapura sejak 1980. Saat menjadi tenaga pendidik, Surya mengikuti berbagai penataran dan pelatihan di Sumatera Utara hingga Jakarta dan Bandung,” ungkap Dwi.

Bahkan Dwi menyebut, Surya menjadi anggota DPRD Asahan dari Dapil Batubara, yang saat itu masih merupakan bagian dari Kabupaten Asahan. Namun seiring terbentuknya Kabupaten Batubara secara otomatis Surya meninggalkan DPRD Asahan dan menjadi anggota DPRD Batubara. Bahkan terpilih menjadi Ketua DPRD Batubara pertama pada 2008-2009.

Kepiawaian Surya diyakini Dwi menjadi dasar Taufan Gama Simatupang memilihnya menjadi Calon Wakil Bupati Asahan mendampingi Calon Bupati Asahan pada Pilkada Asahan 2010.

“Berbekal pengalamannya sebagai wakil bupati 2 periode dan Bupati Asahan pada sisa jabatan 2016-2019 serta Bupati Asahan 2021 hingga saat ini, saya yakin sosok Surya tak perlu kita ragukan lagi,” pungkas Dwi.

reporter | Bimais Pasaribu SH

Related posts

Leave a Comment