HUT HIMPAUDI, Bupati Sergai: Jangan Pernah Lelah Berusaha Jadi Guru yang Lebih Baik

Menjadi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus senantiasa meningkatkan kompetensi diri mengikuti perkembangan zaman

topmetro.news – Menjadi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus senantiasa meningkatkan kompetensi diri mengikuti perkembangan zaman. Terutama harus menguasai pola asuh (parenting style) yang tidak menimbulkan kejenuhan bagi anak saat mengikuti pendidikan di sekolah.

Demikian Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya pada acara puncak HUT ke-18 Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (21/9/2023).

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut Bupati, harus mulai dari suasana yang nyaman, aman, tenang, dan menyenangkan bagi anak. Pola asuh anak yang seperti inilah yang perlu usai proses interaksi anak-anak dengan orangtua, dalam mendukung perkembangan fisik, emosi, sosial, intelektual, dan spiritual.

“Semoga dengan pola asuh yang demikian, anak-anak kita akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sehat, cerdas ceria, mandiri, dan berbudi pekerti yang luhur,” jelasnya.

Bupati berpendapat, guru PAUD merupakan profesi paling mulia. Hal ini karena harus mendidik anak-anak yang belum mengenal pelajaran. Belum lagi dengan tuntutan untuk sabar, ramah dalam menghadapi pola anak yang berbeda-beda.

“Jangan pernah lelah berusaha menjadi guru yang lebih baik dan melahirkan generasi emas yang mampu menjadikan Sergai yang maju terus. Semoga PAUD semakin baik. Dan para guru tetap semangat serta ikhlas dalam melaksanakan tugasnya mendidik dan mencerdaskan generasi muda harapan bangsa,” tutupnya.

Bangga

Di kesempatan serupa, Bunda PAUD Sergai Hj Rosmaida Darma Wijaya mengungkapkan rasa bangga memiliki guru PAUD yang memiliki dedikasi tinggi dalam mendidik anak-anak.

Anak usia dini, sebutnya lagi, dalam perkembangannya sangat perlu dapat dukungan, agar berkualitas di masa depan.

“Kepada guru PAUD yang menjadi orangtua kedua saat di sekolah, kami berpesan agar menjadi tauladan dan panutan untuk anak-anak yang dididik. Kemudian guru PAUD juga harus mampu untuk mendidik anak sesuai dengan kemampuan. Dan tidak memaksakan serta harus mampu melihat potensi dan bakat anak kita. Semoga HIMPAUDI semakin jaya, sukses, dan maju dalam berinovasi untuk anak PAUD di Tanah Bertuah Negeri Beradat,” pungkas Hj Rosmaida.

Kegiatan itu mengusung tema ‘Organisasi kuat, guru hebat, wujudkan generasi emas, generasi cerdas dan berkarakter’.

Turut hadir Asisten Ekbang Fitriadi SSos MSi, Kadis Kominfo Ingan Malem Tarigan SE, Sekretaris DWP HIMPAUDI Sumut Aswan SPd. Kemudian, DPD HIMPAUDI Kota Tebingtinggi Beby Fadhilah Hakim SPd, mewakili DPD Himpaudi Kota BInjai. Juga, para camat, Bunda PAUD se-Sergai, guru PAUD serta anak-anak PAUD se-Sergai.

penulis | Hardi

Related posts

Leave a Comment