Hendry CH Bangun, Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Pusat Periode 2023-2028

Hendry CH Bangun

TOPMETRO.NEWS – Hendry CH Bangun terpilih menjadi Ketua Umum PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) untuk periode 2023-2028.

Hendry CH Bangun keluar sebagai ‘pemenang’ dalam Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) selama 2 hari sejak 25-26 September 2023.

Hendry CH Bangun diketahui berhasil ‘menyingkirkan’ dua pesaingnya Atal S Depari dan Zulmansyah.

BACA PULA | AKBP Achiruddin Hasibuan Diganjar 6 Bulan Pembiaran Penganiayaan, JPU Banding

Pemilihan Ketua Umum PWI untuk kemenangan Hendry CH Bangun itu diperoleh dari Kongres PWI yang dibuka resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin 25 September 2023.

Diketahui pula, agenda Kongres PWI XXV ini diawali dengan mendengarkan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari.

Adapun agenda utama pemilihan ketua umum yang diikuti 39 PWI Provinsi seluruh Indonesia itu.

BACA PULA | Ini Alasan Gibran dan Kaesang Lebih Menjual Ketimbang AHY atau Ibas

Sesuai pembacaan tata tertib Kongres XXV PWI, muncul 3 calon Ketua Umum PWI Pusat yakni incumbent Atal S Depari sebagai pendaftar pertama, lalu Hendry CH Bangun eks Sekjen PWI Pusat (Periode tahun 2008 sampai dengan 2018) dilanjutkan Zulmansyah (Ketua PWI Riau).

Pemilihan yang berlangsung cukup kondusif dan demokratis itu memperdengarkan pemaparan visi misi ketiga calon.

Dalam pemungutan suara secara voting yang berlangsung di El Hotel, Kota Bandung, Selasa 26 September 2023 tersebut, dari total 88 suara, pada putaran pertama, Atal S Depari memperoleh 40 suara. Sementara itu, Hendry Bangun penulis buku Wajah Bangsa Dalam Olahraga: 100 tahun Berita Olahraga Indonesia” (2007) ini meraih 39 suara sedang Zulmansyah memperoleh 9 suara.

BACA PULA | Halo-halo Bandung, Lagunya Dijiblak Negara Tetangga, Cuma Ganti Lirik Sedikit

Dengan begitu digelar pemilihan putaran kedua yang bertarung antara Atal S Depari melawan sosok pekerja pers yang mengawali karirnya sebagai wartawan Majalah Sportif Jakarta tahun 1982 sampai tahun 1984 itu.

Pada putaran kedua, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Warta Kota sejak tahun 1999 hingga 2013 ini justru berhasil unggul atas Atal S Depari.

Pria yang aktif mengajar bidang Manajemen Media di Sekolah Jurnalisme Indonesia PWI Pusat ini akhirnya memperoleh 47 suara dan Atal Depari memperoleh 41 suara.

“Alhamdulillah, terimakasih untuk seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini tantangan besar mewujudkan visi dan misi PWI kedepan,” jelas Hendry CH Bangun.

reporter | dpsilalahi

Related posts

Leave a Comment