BPJS Pusat Berikan Penghargaan UHC kepada Pemkab Humbahas

Terhitung sejak 1 Oktober 2023, sebanyak 198.578 jiwa penduduk Humbang Hasundutan telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dari total jumlah penduduk 204.711 jiwa atau sebesar 97%.

topmetro.news – Terhitung sejak 1 Oktober 2023, sebanyak 198.578 jiwa penduduk Humbang Hasundutan telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dari total jumlah penduduk 204.711 jiwa atau sebesar 97%.

Hampir seluruh warga masyarakat Humbahas telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan dan kepesertaannya dapat langsung aktif. Atas capaian UHC (Universal Health Coverage) itu, maka BPJS Pusat memberikan UHC Award kepada Pemkab Humbang Hasundutan.

Raihan UHC Award Humbahas ini sangat membantu pelayanan kesehatan masyarakat. Di mana akses pelayanan yang adil dan bermutu bagi setiap warga semakin baik. Termasuk soal perlindungan risiko finansial ketika warga mengunakan pelayanan kesehatan. Masyarakat yang sakit dan terdaftar sebagai peserta JKN dari segmen PBPU (pekerja bukan penerima upah), BP (bukan pekerja) Pemda, kepesertaannya langsung aktif.

Gagasan UHC ini berawal dari komitmen Bupati Humbang Hasundutan yang ia sampaikan saat launching Mal Pelayanan Publik (MPP). Harapannya, agar Humbang Hasundutan secepatnya mencapai Universal Health Coverage (UHC).

BPJS pun menyambut baik pembangunan MPP yang merupakan terobosan kebijakan sangat inovatif dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat dan loket pelayanan. BPJS Kesehatan memberikan pelayanan di gedung MPP dan terintegrasi dengan pelayanan masyarakat. Baik dari loket pelayanan Pemkab Humbahs maupun pelayanan dari lembaga vertikal lainnya.

Kepala BPJS Humbahas Ester M Suzanne Sitompul SSi, Senin (23/10/2023), di Doloksanggul mengatakan, atas capaian UHC di Humbang Hasundutan, BPJS Pusat memberikan UHC Award.

Kegiatan launching penyerahan piagam dan sertifikat penghargaan UHC untuk Humbang Hasundutan akan disampaikan langsung Deputi Direksi Wilayah I BPJS Kesehatan kepada Bupati Humbang Hasundutan, direncanakan, Sabtu (28/10/2023) mendatang. Yakni, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Pemkab Humbahas menerima piagam penghargaan itu atas komitmennya mencapai UHC 2023.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment