8 Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Studi di Eropa

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Studi di Eropa

topmetro.news – Eropa merupakan salah satu destinasi studi mahasiswa dengan pinjaman KTA. Tak hanya dari Indonesia saja, namun juga seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pendidikan tinggi yang berkualitas di sana.

Namun ada berbagai persiapan yang harus dilakukan sebelum melanjutkan studi ke sana. Persiapan inilah yang membuat peluang untuk diterima di kampus impian Eropa menjadi lebih besar. Ayo intip ulasan berikut ini untuk mengetahui persiapan tersebut.

Persiapan sebelum Studi di Eropa

Menurut buku Kumpulan Soal dan Pembahasan US IPS SD/MI, Rizqi Fadillah, S.Pd (2020: 105), Eropa merupakan benua terkecil kedua setelah Australia. Hal ini disebabkan wilayahnya hanya 7% dari luas daratan.

Namun, benua tersebut memiliki beragam institusi bergengsi. Itulah mengapa Eropa menjadi salah satu tujuan mahasiswa untuk melanjutkan studi. Kalau kamu juga menginginkan hal yang sama, maka kamu harus mempersiapkan hal-hal di bawah ini.

Cari Tahu tentang Kampus

Sebelum melanjutkan studi dengan pinjaman KTA, tentu kamu harus memilih kampus mana yang ingin kamu tuju. Tak sekadar memilih, kamu harus mengetahui seperti apa kampus idamanmu itu.

Hal-hal yang perlu kamu ketahui antara lain daftar program studi di sana, reputasi kampus, hingga kultur dari kampus itu sendiri. Jangan lupa juga untuk mencari tahu persyaratan apa yang harus kamu penuhi agar bisa kuliah di sana.

Informasi tersebut bisa di internet melalui situs resmi kampus hingga forum-forum internasional. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa bertanya kepada orang yang mengetahui kampus tersebut secara langsung.

Cari Tahu tentang Jurusan yang Dipilih

Memahami program studi atau jurusan idaman merupakan hal yang tak kalah penting untuk dilakukan. Jangan sampai kamu mengalami penyesalan setelah memilihnya karena tak sesuai ekspektasimu.

Maka dari itu, cobalah untuk mencari tahu seperti apa jurusanmu itu. Hal  tersebut meliputi apa yang dipelajari di jurusan, prospek di masa depan baik di Indonesia maupun luar negeri, hingga gelar apa yang akan kamu dapat.

Tentu kamu juga perlu mengetahui persyaratan apa yang harus dipenuhi agar bisa kuliah di jurusan tersebut. Umumnya masing-masing jurusan akan memberlakukan syarat yang berbeda meskipun masih dalam satu kampus yang sama.

Pastikan Batas Akhir Pendaftaran

Setiap kampus mempunyai kebijakannya sendiri-sendiri mengenai batas akhir pendaftaran. Namun di Eropa, umumnya kampus akan membuka pendaftaran hingga bulan Juli.

Meskipun dirasa masih lama, kamu bisa mulai melakukan persiapan untuk mendaftar ke kampus tersebut. Jika sudah, kamu bisa langsung mengirimkan aplikasi pendaftaran.

Hal ini mengingat ada beberapa kampus yang membuka pendaftaran dengan sistem rolling basis. Sistem ini membuat kampus akan memeriksa pendaftaran yang masuk dulu dan segera memberitahu hasilnya ke pendaftar.

Tes Kebahasaan

Banyak kampus di Eropa yang mewajibkan tes kebahasaan bagi pelamar dari luar negeri. Tes kebahasaan yang paling umum diwajibkan adalah IELTS dan TOEFL karena pihak kampus ingin mengetahui pemahaman bahasa Inggris calon mahasiswanya.

Bagi negara-negara tertentu seperti Jerman, kamu bisa saja diminta untuk melampirkan tes bahasa dari negara tersebut. Kalau masih belum bisa, maka kamu bisa mengambil kursus yang sepaket dengan tes menggunakan pinjaman dana cepat.

Cek Persyaratan Visa

Visa pelajar merupakan dokumen penting bagi siapapun yang ingin kuliah di luar negeri. Namun perlu diperhatikan bahwa masing-masing negara bisa memberlakukan persyaratan yang berbeda pada calon mahasiswa.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengecek persyaratan tersebut di laman imigrasi negara yang bersangkutan. Kamu pun bisa langsung bertanya ke kedutaan besar negara tersebut bila diperlukan.

Minta Surat Rekomendasi

Minta Surat Rekomendasi

Peluangmu untuk diterima kampus di luar negeri akan semakin besar kalau kamu mempunyai surat rekomendasi. Bahkan ada juga kampus atau jurusan yang mewajibkannya.

Oleh sebab itu, mintalah surat rekomendasi dari orang-orang yang berpengaruh seperti dosen atau atasan. Surat ini akan menjadi bukti tertulis bahwa orang-orang tersebut mendukung keputusanmu untuk melanjutkan studi.

Terkadang bentuk surat rekomendasi ini tidak seperti surat pada umumnya. Bahkan ada juga surat yang berbentuk jawaban dari berbagai pertanyaan. Biasanya berbagai pertanyaan ini akan dikirim pihak kampus ke surel orang yang bersangkutan.

Pelajari Negara Tujuan

Jangan lupa untuk mempelajari negara tujuan kuliahmu. Terlebih lagi Eropa merupakan kawasan yang sangat berbeda dengan Indonesia. Dengan demikian, kamu bisa mengantisipasi lebih dini terkait bagaimana cara hidup di sana.

Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan saat mempelajari negara tujuan, seperti situasi politik, iklim, hingga bencana alam yang berpotensi terjadi di sana.

Perlu diketahui bahwa masing-masing negara dapat mempunyai kondisi yang berbeda. Bahkan berbeda wilayah di suatu negara pun dapat menyebabkan perbedaan kondisi pula.

Siapkan Pendaftaran

Jika semua persyaratan telah dipenuhi dan kamu juga sudah mantap untuk melanjutkan studi di tempat tertentu, maka kamu bisa mulai mendaftar. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun pendaftaran terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu bisa melakukan pendaftaran seperti yang diminta oleh pihak kampus. Lakukan juga pembayaran sesuai nominal yang telah ditetapkan kampus. Nominal ini bisa berbeda pada masing-masing perguruan tinggi.

Saat melakukan berbagai persiapan di atas, kamu tentu akan membutuhkan sejumlah dana seperti untuk mengambil kursus bahasa hingga biaya untuk hidup di sana. Tak perlu khawatir karena saat ini ada pinjaman KTA terpercaya yang siap membantumu seperti digibank KTA.

Dengan mengajukan pinjaman pada digibank KTA, kamu bisa mendapatkan dana dengan limit hingga Rp200 juta dan approval hanya 60 detik. Penasaran? Temukan informasi lengkapnya di sini.

Related posts

Leave a Comment