Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Toba Gelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023 di Kabupaten Toba, diawali dengan upacara ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional (MPN) Sisingamangaraja XII Soposurung, Desa Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumut, Jumat pagi (10/11/2023), sekira pukul 08.00 WIB.

topmetro.news – Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023 di Kabupaten Toba, diawali dengan upacara ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional (MPN) Sisingamangaraja XII Soposurung, Desa Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumut, Jumat pagi (10/11/2023), sekira pukul 08.00 WIB.

Bertindak sebagai inspektur upacara (irup) adalah Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH SIK dan Komandan Upacara Ipda Jepri Silaban.

Upacara ziarah dan tabur bunga itu merupakan bentuk penghormatan atas jasa Raja Sisingamangaraja XII, sebagai pahlawan asal Tanah Batak yang gugur demi mengusir penjajah Belanda, khususnya di Tanah Batak.

Tampak terlihat pelaksanaan rangkaian upacara ziarah dan tabur bunga berjalan baik dan penuh hikmat. Di mana sebelumnya, seluruh peserta upacara juga memberikan penghormatan dan hening cipta di hadapan Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII. Selanjutnya ditutup dengan doa oleh Kandepag Toba Wanton Naibaho.

Usai melaksanakan ziarah dan tabur bunga selanjutnya seluruh peserta upacara bergerak menuju halaman Kantor Bupati Toba. Untuk selanjutnya melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan.

Hadir dalam upacara ziarah dan tabur bunga, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak SE, Sekda Augus Sitorus. Ketua Pengadilan Negeri Balige Evelyn Napitupulu, Kasi Intel Kejari Balige Oloan Sinaga SH. Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf Kaminton Napitupulu, Komisioner KPU Toba Erikson Sitorus. Kepala Rutan Kelas IIB Balige David Petrus Nikolas. Ketua I TP PKK Erna Sihotang, Ketua DWP Toba Ny Augus Sitorus, Ketua PC Bhayangkari Toba Desy Taufiq Hidayat. Serta seluruh pimpinan OPD dan ASN Pemkab Toba.

Hadir juga keturunan Raja Sisingamangaraja XII, yakni Raja Oloan Habonaran Sinambela selaku cucu kandung Raja Sisingamangaraja XII, yang sudah berusia 77 tahun.

reporter | Guntur

Related posts

Leave a Comment