Baskami Ginting Dorong Bank Sumut Tingkatkan Peran Dalam Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mendorong Bank Sumut untuk memainkan peran lebih besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mendorong Bank Sumut untuk memainkan peran lebih besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Ia berharap lembaga keuangan formal tersebut dapat lebih fokus dan aktif dalam memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baskami Ginting menilai bahwa keterlibatan Bank Sumut harus lebih intensif dan berpihak pada UMKM. Terutama dalam pembinaan dan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR). “Saya berharap Bank Sumut dapat memaksimalkan perannya dengan menyalurkan modal usaha yang lebih besar dan lebih berorientasi pada UMKM,” ujarnya, Rabu (3/1/2024).

Ketua DPRD Sumut ini menegaskan Bank Sumut perlu memastikan bahwa pemberian kreditnya benar-benar mendukung perkembangan UMKM. Hal ini dalam rangka menghadapi tantangan ekonomi dan mengoptimalkan pertumbuhan.

“Porsi kredit yang diberikan kepada UMKM harus ditingkatkan. Sehingga UMKM dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan,” tambahnya.

Dorongan ini juga mencakup aspek pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM. Baskami menekankan, tidak hanya pembiayaan, tetapi Bank Sumut juga bisa memberikan pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM.

“Bank Sumut dapat menjadi mitra strategis UMKM dengan memberikan bantuan yang lebih holistik. Termasuk pelatihan manajerial, penguatan literasi keuangan, dan akses lebih baik terhadap pasar,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment