Kunjungi Polres Pelabuhan Belawan, Abdul Latif: Polisi Harus Mampu Ubah ‘Belawan menjadi Bekawan’

Ketua Komisi I DPRD Medan Robi Barus memimpin kunjungan kerja Komisi I DPRD Medan ke Polres Pelabuhan Belawan, Selasa (9/1/2024)

topmetro.news – Ketua Komisi I DPRD Medan Robi Barus memimpin kunjungan kerja Komisi I DPRD Medan ke Polres Pelabuhan Belawan, Selasa (9/1/2024). Turut serta, Margaret Marpaung, Rudiyanto Simangunsong, Abdul Latif Lubis, Parlindungan Sipahutar, Habiburahman Sinuraya, Abdullah Roni dan Jaya Saputra.

Kunjungan tersebut untuk melihat kesiapan kepolisian khususnya Polres Pelabuhan Belawan dalam menjaga kekondusifitasan menjelang Pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.

Dalam pertemuan itu, Robi Barus berharap, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban SH SIK MKP lebih meningkatkan kordinasi dengan penyelenggara Pemilu. Seperti KPU dan Bawaslu serta seluruh pihak guna terciptanya suasana kondusif dalam pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Komisi I DPRD Medan siap mendukung dan kordinasi dengan pihak Kapolres terkait alokasi anggaran dari APBD Pemko Medan guna menunjang operasional tugas polisi apalagi kepentingan pemilu. Kami dapat merasakan, saat ini menjelang Pemilu, situasi politik agak memanas. Maka, perlu kerjasama yang ekstra demi pengamanan yang kondusif,” ungkap Robi.

Sementara Parlindungan Sipahutar, memberikan support terkait sinergitas guna menghasilkan Pemilu yang aman jujur dan adil. “Kita berharap pengawasan dan kordinasi semua lini dapat ditingkatkan agar terwujud pemilu yang berkualitas,” imbuhnya.

Kota Bekawan

Sedangkan Abdul Latif Lubis meminta Polres Pelabuhan Belawan dapat fokus meningkatkan pengamanan di Medan bagian utara. Ini mengingat tingginya tingkat kriminal di Belawan. “Kita berharap dengan peran polisi, Belawan yang terkenal rawan kiranya dapat berubah menjadi Kota Berkawan,” paparnya.

Kemudian Habiburahman Sinuraya mengingatkan agar polisi dapat menjadi ‘wasit’ dalam situasi Pilpres maupun pemilu 2024, karena rawan konflik. “Kami berharap, kinerja polisi lebih ditingkatkan,” ucapnya.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban berterimakasih atas dukungan Komisi I DPRD Medan guna meningkatkan kenyamanan di wilayah mereka. Alumni Akpol 2003 itu berharap kerjasama dari seluruh stake holder terkait dan masyarakat Medan Bagian Utara, sehingga tercipta keamanan yang lebih kondusif lagi.

Mantan Kasubdit Narkoba Polda Riau itu juga, memaparkan kondisi wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan yang sangat tinggi angka kriminalitas perkelahian. Hal itu karena tingginya kesenjangan sosial.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment