Puncak HUT ke-274 Langkat, Syah Afandin: Jadikan Motivasi untuk Maju Serta Menjujung Nilai Luhur & Budaya

topmetro.news– Kendati hujan deras mengguyur pada saat puncak peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Langkat, 17 Januari 2024, tidak mengurangi semangat masyarakat Langkat untuk menyemarakkannya.

Ribuan pelaku UMKM penuhi stand-stand di Alun-Alun T Amir Hamzah. Tingginya animo masyarakat di Kabupaten Langkat yang mengunjungi stand-stand diyakini perputaran uang bisa mencapai ratusan juta rupiah diperayaan HUT ini.

Tema HUT Langkat ke-274 tahun 2024 ini yakni ‘Melangkah Bersama Mewujudkan Langkat Sejahtera dan Berbudaya’.

Dalam kesempatan acara resepsi HUT Langkat, Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH hadir bersama Pj Gubernur Sumut Hassanudin dan para pejabat Pemprov Sumut, pejabat Pemkab Langkat, serta Forkopimda Langkat, TNI/Polri dan lainnya.

Resepsi berawal dari tarian persembahan etnis budaya dan pemotongan nasi tumpeng.

Dalam sambutannya, Syah Afandin mengajak semua masyarakat Langkat untuk menjadikan HUT ke-247 sebagai motivasi untuk terus bergerak memajukan Langkat dengan tetap menjujung tinggi nilai luhur dan budaya yang sudah menjadi tradisi Melayu Langkat secara turun temurun.

“Langkat yang penduduknya beragam suku, budaya serta agama harus jadi penguat antar satu dan lainnya,” tegasnya.

Syah Afandin juga ingin menjadikan Budaya Melayu di kedepankan, sebagai wujud terimakasih bahwa catatan sejarah menyatakan yang membangun dan mendirikan bumi Langkat ini adalah Kerjaan Melayu.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumut Hassanudin menceritakan sedikit sejarah, bahwa nama Langkat diambil dari sebatang pohon yaitu Pohon Langkat yang banyak tumbuh di sekitar sungai Langkat. Selain itu juga diyakini Kerajaan Sultan Langkat berdiri dekat dengan Sungai Langkat.

“Kerajaan Langkat inilah yang mengembangkan Kabupaten Langkat sehingga menjadi besar dan hebat seperti sekarang ini,” jelasnya.

Usai menyampaikan kata pembukaan, kegiatan berlanjut pemberian hadiah 2 paket umroh dari Plt Bupati Langkat, 3 paket umroh dari Pj Gubernur Sumut, 1 paket umroh dari Anggota DPR RI Nasril Bahar bekerjasama dengan PT Alsa Panca Perkasa dan DMDI Langkat.

Adapun warga yang beruntung menerima umroh gratis yakni Waginem warga Link.III Ujung Baka Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu, Teguh Imam warga Jl.Melati Dusun 1 Sidomulyo Kecamatan Binjai dan Samsiyah warga Jln. Melati Dusun 1 Sidomulyo Kecamatan Binjai.

Selain itu, Munawarah warga Desa Perdamaian Kecamatan Binjai, Rakiman warga Dusun XI Kecamatan Lama Karang Gading dan Sri Wahyu Ningsih warga Kelurahan Stabat Lama Barat Kecamatan Wampu.

Selain itu, juga berlangsung pemberian cendramata oleh Pj Gubernur Sumut, Plt. Bupati Langkat dan Sekdakab Langkat kepada masyarakat Langkat berprestasi.

Diantaranya, Rahimah (pencipta Mars Kabupaten Langkat), M. Nuh (pencipta Lambang Kabupaten Langkat), Faiz Habibi Juara 1 Taekwondo U-36 Kejuaraan Kemenpora RI dan Anggraini juara 3 Tilawah MTQ Provinsi Sumut.

Sebelumnya, pagi hari Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menjadi Pembina Upacara HUT Langkat ke-274 di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat berhubung karena hujan deras.

Dalam arahannya, Syah Afandin menginstruksikan setiap substansi kegiatan agar dipublikasikan atau menginformasikan segala kerja yang telah dilakukan. Sehingga masyarakat mengetahui secara luas bahwa pemerintah telah bekerja dan berupaya untuk melaksanakan tugas secara sempurna.

Pemberian Penghargaan

Selesai memberikan arahannya, Plt Bupati Langkat menyerahkan penghargaan kepada pemenang implementasi akuntabilitas kinerja pemerintah terbaik di lingkungan Pemkab Langkat.

1. Setdakab Langkat dengan nilai 70,13
2. Inspektorat dengan nilai 68,23
3. Dinas Perkim dengan nilai 66,90
4. Dinas Arsip dengan nilai 66,55
5. Dinas Perhubungan dengan nilai 66,03
6. Dinas Pertanian dengan nilai 65,90

Syah Afandin juga memberikan penghargaan kepada dinas dan puskesmas terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Peringkat I Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Peringkat II Dinas Sosial, Peringkat III Dinas PM2PTSP. Sementara Harapan I Dinas Kesehatan, Harapan II Dinas Pendidikan dan Harapan III RSUD Tanjung Pura.

Untuk Tingkat Puskesmas, Peringkat I Puskesmas Securai, Peringkat II Puskesmas Stabat, Peringkat III Puskesmas Tanjung Beringin, Peringkat IV Puskesmas Karang Rejo, Peringkat V Puskesmas Karang Rejo dan Peringkat VI Puskesmas Stabat Lama.

Plt Bupati Langkat juga meyerahkan Hibah Barang Finas Koperasi TA 2023 kepada Suparni. Yakni berupa Mesin Penggiling Abon, Juliadi berupa Kursi Pangkas, Leli Indayani berupa Steling dan M. Iqbal berupa Steling.

Selain itu, Syah Afandin juga menyerahkan secara simbolis kepada ahli waris atas meninggalnya peserta BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan tenaga Honorer di Jajaran Pemkab Langkat.

Selanjutnya, Plt Bupati Langkat hadiri rapat Paripurna dalam rangka memperingati hari jadi Langkat 2024, di Gedung DPRD Langkat.

Ketua DPRD Lanjutnya Sribana Perangin Angin SE membuka Rapat Tahun ke-V Rapat ke-9 Masa Persidangan ke-1.

Syah Afandin berharap, di hari jadi Langkat ke-274 ini agar semua komponen memperkokoh kebersamaan, memperkuat silaturahmi. Serta meningkatkan kepedulian untuk saling memberikan kebaikan dan belajar dari setiap kekurangan yang ada.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment