Pengadilan Negeri Balige Gelar Simulasi Pengendalian Intern Pemerintah

topmetro.news– Pengadilan Negeri (PN) Balige bersama Polres Toba dan Satuan Polisi Pamong Praja melalui bidang pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Toba, menggelar simulasi pengendalian intern pemerintah.

Simulasi yang diinisiatori pihak PN Balige tersebut, terlaksana di halaman kantor PN Balige Jalan Patuan Nagari, Kelurahan Napitupulu Bagasan, No. 6, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Jumat(16/1/2024) Pagi.

Ketua Pengadilan Negeri Balige DR. Makmur Pakpahan, didampingi Jona Agusmen yang masing-masing selaku Hakim menuturkan, bahwa kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk mitigasi resiko dan antisipasi potensi terjadi keributan atau kerusuhan di PN Balige.

“Simulasi huru hara bertujuan sebagai mitigasi resiko terutama untuk mengantisipasi kerusuhan saat pelaksanaan sidang maupun di luar ruangan sidang,” ungkap Makmur. saat ditemui awak, sesaat usai pelaksanaan simulasi di halaman kantor PN Balige.

“Dengan adanya simulasi ini, diharapkan dapat mempersiapkan ketika dihadapkan dengan kejadian sesungguhnya. Kegiatan ini juga salah satu tujuan dari program penjaminan mutu pelayanan terkhusus mutu pelayanan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya, saat pelaksanaan simulasi anti huru hara terpantau pihak pegawai PN Balige, baik para Hakim, Sekretaris, Panitera, dan staf pegawai bertindak sebagai masyarakat yang melakukan aksi demonstrasi dan pihak personil Polres Toba, selaku pihak pengamanan.

Selain itu, oleh pihak Sat Pol PP Toba, melalui Kabid Damkar, Timbul Sihombing, berkesempatan menyampaikan simulasi penanganan kebakaran yang kemudian diikuti salah satu pegawai PN Balige dalam mempraktekkan/ men-demontrasikan penanganannya.

Berlangsungnya pelaksanaan simulasi dari awal hingga berakhirnya, langsung dipantau oleh Ketua PN Balige bersama Kapolres Toba, AKBP Wahyu Indrajaya, S.H, S.I.K, yang sebelum pelaksanaan juga menyampaikan arahan dan bimbingan demi suksesnya simulasi tersebut.

Terpantau kegiatan simulasi berlangsung sekitar 2 jam, dan berjalan baik dan penuh kesungguhan oleh masing-masing pihak.

Penulis: Guntur

Related posts

Leave a Comment