Joel Sinaga Sebut Pentingnya Menjaga Partisipasi Warga Negara Dalam Pemilu 2024

Joel Sinaga (Ketua Umum Perwakilan Revolusi Mental Indonesia - PERMINDO) mengatakan, ini merupakan aspek penting bagi pelaksanaan sistem demokrasi yang dijalankan di Indonesia.

topmetro.news – Proses pemungutan suara pada Pemilihan Umum 2024 sudah berlangsung. Joel Sinaga (Ketua Umum Perwakilan Revolusi Mental Indonesia – PERMINDO) mengatakan, ini merupakan aspek penting bagi pelaksanaan sistem demokrasi yang dijalankan di Indonesia.

Karena itu ia mengajak semua warga negara untuk selalu menjaga martabat demokrasi yang sedang dibangun. “Ini proses kontestasi yang dijalankan setiap 5 tahun sekali,” kata Joel kepada waratwan, Sabtu (17/2/2024).

Joel menekankan pentingnya menghormati hasil Pemilihan Umum sebagai pilihan yang telah diambil oleh rakyat, meskipun mungkin tidak semua pihak sepakat dengan hasil tersebut.

Katanya ini merupakan hasil dari proses kontestasi yang dijalankan secara adil dan transparan, dan sistem pemilihan umum dibangun dengan baik untuk meminimalkan kemungkinan kecurangan dalam prosesnya.

Joel Sinaga menegaskan, jika terdapat dugaan kecurangan dalam proses Pemilu, maka bukti-bukti harus dikumpulkan secara kolektif dan diproses sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku hingga ke tingkat Mahkamah Konstitusi.

Hal ini dibutuhkan untuk memperjuangkan transparansi serta keadilan dalam proses demokrasi yang sedang berlangsung.

“Sebagai warga negara, kita perlu mempercayai proses Pemilu yang sedang berlangsung dan menghindari tindakan yang dapat mengganggu proses tersebut, seperti pengerahan massa,” ujarnya.

Ia Juga mengajak masyarakat untuk memperjuangkan transparansi serta keadilan dalam setiap tahap proses Pemilu, sambil tetap menjaga kepercayaan dan menghormati keputusan hasil yang diambil oleh masyarakat Indonesia.

Rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 akan dilangsungkan mulai tanggal 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Joel Sinaga mengajak semua warga negara untuk senantiasa menjaga ketenangan, menghargai hasil Pemilu, dan bertindak sebagai warga negara yang bertanggung jawab dalam proses demokrasi yang sedang berlangsung.

“Mari kita bersatu dalam membangun partisipasi aktif warga dalam proses Pemilihan Umum 2024, demi membangun sebuah demokrasi yang lebih bermartabat untuk kebaikan bersama serta kemajuan bangsa Indonesia,” tukasnya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment