Syahar Si Anak Petani, Raih 80 Ribu Lebih Suara, Berpeluang Jadi Ketua DPRD

Syahar

TOPMETRO.NEWS – Syahar yang juga anak petani itu mencatatkan rekor meraih 80 ribuan suara di Pileg 2024 dan berpeluang mengisi kursi Ketua DPRD Provinsi Sulsel dari Partai NasDem.

Berangkat dari anak seorang petani di Kabupaten Sidrap, dan pernah menjadi supir “Pete-pete”, Syahar membuktikan dunia politik itu hak semua orang.

Tak ada silsilah dalam keluarganya yang bertahta pejabat. Syahar lahir dan besar dari lingkungan keluarga petani. Bahkan, masa kecilnya diisi aktivitas sebagai petani. Membantu orang tuanya, berkebun.

Seperti dilansir TOPMETRO.NEWS dari nasdem.id pada Selasa 27 Februari 2024.

Namun mimpinya untuk terus melangkah tak pernah surut. Berawal dari kampung halamannya di Desa Bila, Kecamatan Duapitue, Kabupaten Sidrap, Syahar kecil membangun mimpi dan cita-citanya.

Kehidupannya saat itu sangatlah berat bahkan pernah tak ikut sekolah, karena harus membantu ekonomi keluarganya, mulai dari menjual buku dan menjadi sopir angkutan kota “Pete-pete”.

baca pula | 5 Nama dari Dapil Sumut XI ini Hampir Pasti Melenggang ke DPRDSU

Namun, karena semangatnya yang sangat begitu besar, sehingga mampu menyelesaikan studinya. Selepas sekolah, Syahar harus melanjutkan kuliahnya di Makassar.

Syahar besar dan tumbuh dari pergerakan mahasiswa beberapa posisi strategis pun pernah dia emban antara lain Ketua Pemuda Muhammadiyah Provinsi Sulsel.

Syahar bahkan, sempat diamanahkan sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pemuda Muhammadiyah Indonesia. Termasuk menjadi Wakil Ketua KNPI Provinsi Sulsel.

baca pula | 28 Februari KPU Batu Bara Baru Akan Gelar Rekapitulasi Perhitungan Suara Pemilu 2024

Tidak hanya aktif di organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, Syahar juga memperkuat jaringannya sebagai pengusaha dengan bergabung ke Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Provinsi Sulsel dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel.

Dia bahkan tidak menyangka akan menjadi pimpinan di DPRD Provinsi Sulsel. Saat ini, petani dari kampung itu diamanahkan sebagai Wakil DPRD Sulsel selama beberapa tahun lalu hingga sekarang.

Di tengah kesibukannya Syahar tetap saja tidak bisa jauh dari asalnya sebagai seorang petani. Kini Syahar konsen dalam pengembangan budidaya porang dan pisang di kampung halamannya yakni Sidrap.

baca pula | DPRD Medan: Masalah Infrastruktur dan Banjir Menjadi Perhatian Serius

Secara umum, nama Syaharuddin Alrif kini menggaung hingga pelosok negeri. Di dunia politik, dia lebih lekat dengan jabatan Sekretaris DPW Partai NasDem dan Wakil Ketua DPRD Sulsel.

Di daerah yang masuk wilayah Ajattappareng, yakni Barru, Sidrap, Pinrang, dan Enrekang, Kakak Syahar, sapaan karib suami dari Hj. Haslinda Hasan SIP, itu juga dikenal sebagai seorang petani.

Bagi masyarakat di Kabupaten Sidrap, Syaharuddin Alrif adalah seorang politisi, pengusaha, sekaligus petani yang sukses. Selain porang, dia juga memiliki kebun pisang yang dibinanya langsung.

Sebelumnya pada Pileg 2014-2019 lalu, Syahar meraih suara sebanyak 15.366 suara di Dapil IX Sulsel meliputi Kabupaten Pinrang, Sidrap dan Enrekang. Selanjutnya pada periode 2019-2024, perolehan suara Syaharuddin Alrif melejit hingga 34.350.

baca pula | Prabowo Subianto Lebih Memahami Manajemen dan Tata Kelola Administrasi Negara

Kemudian, di Pileg 2024-2029 ini, ayah dari empat anak tersebut meraih suara yang sangat fantastis, yakni 80.000 suara dan hampir dipastikan menduduki kursi Ketua DPRD Sulsel.

Syahar pun mencatatkan rekor peraih suara terbesar untuk caleg tingkat provinsi di Sulsel sejak Pemilu Legislatif digelar. Syahar menegaskan, menjadi Anggota DPRD itu sebuah pengabdian, bukan mencari kekuasaan apalagi jabatan.***

reporter | dpsilalahi
sumber | asl1

Related posts

Leave a Comment