Hang Tuah Deli Serdang Juara 1 Festival Tari Zapin

Grup Tari Sanggar Hang Tuah dari Kabupaten Deli Serdang meraih juara 1 pada Festival Tari Zapin Tingkat Sumatera Utara 2024

topmetro.news – Grup Tari Sanggar Hang Tuah dari Kabupaten Deli Serdang meraih juara 1 pada Festival Tari Zapin Tingkat Sumatera Utara 2024.

Festival yang berlangsung sejak tanggal 25 Februari itu berlangsung di Kawasan Wisata Batubara Manggrove Park, Pantai Sejarah, Kabupaten Batubara. Yang melaksanakan aadalah UPTD Taman Budaya, Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara.

Pada festival tersebut, juara 2 Sanggar Tari Permata Labura (Labuhanbatu Utara), juara 3 Lembaga Seni Nusa Indah Entertaiment (Medan). Juara harapan 1 Sanggar Tari Ar Dance Gallery (Deli Serdang), harapan 2 Perahu Ethnic Production (Langkat), dan harapan 3 Berjaya Entertaiment (Batubara).

Kadis Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara Zumri Sulthony SSos MSi dalam sambutan melalui Terbit Tarigan SH MH ketika menutup kegiatan, Selasa (27/2/2024) menyampaikan, kegiatan Festival Tari Zapin ini bertujuan untuk melestarikan Budaya Melayu, khususnya Sumatera Utara.

“Sehingga budaya yang selama ini merupakan warisan leluhur kita dapat terus berkelanjutan. Dan tidak lekang ditelan masa,” harap Zumri Sulthony.

Menurut Zumri, penyelenggaraan ini sangat baik untuk sebagai sarana promosi potensi seni dan budaya Sumatera Utara kepada dunia industri pariwisata.

Juga membina dan meningkatkan apresiasi dan kreatifitas masyarakat dalam bidang seni dan budaya. Khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

Sementara itu Pj Bupati Batubara Nizhamul dalam sambutannya melalui Kadis Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata drs Safri MM menyambut baik terlaksananya kegiatan Festifal Tari Zapin di wilayahnya.

“Kita ingin lebih banyak lagi digelar even seni budaya di Batubara. Semoga melalui kegiatan festival ini akan semakin memajukan seni budaya dan kepariwisataan di Kabupaten Batubara tercinta ini,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala UPTD Taman Budaya Sumut Ibnu Akbar SSos MM, Sekdis dan Kabid Budaya Porabudpar Batubara. Juga ada Camat Tanjung Tiram, serta tokoh adat budaya, dan masyarakat Kabupaten Batubara.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment