Abdul Rani Sambut Baik Disdukcapil Medan ‘Jemput Bola’ Urus Dokumen Penyandang Disabilitas

topmetro.news – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Abdul Rani menyambut baik program layanan ‘jemput bola’ yang disiapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan terhadap warga yang berstatus sebagai penyandang disabilitas.

“Kita sangat mendukung adanya program ‘jemput bola’ ini, khususnya kepada mereka yang berstatus sebagai penyandang disabilitas.

Kita tahu bahwa saudara-saudara kita penyandang disabilitas mengalami kesulitan untuk datang dan mengurus langsung dokumen kependudukannya,

lalu pemerintah hadir untuk memudahkannya,” ungkap Abd Rani kepada wartawan.

Namun, ia mengaku masih cukup banyak warga Kota Medan, khususnya para penyandang disabilitas yang belum mengetahui adanya program ‘jemput bola’ dari Disdukcapil Kota Medan tersebut.

Sehingga, belum semua penyandang disabilitas di Kota Medan merasakan manfaat dari program tersebut saat dirinya membutuhkan layanan pengurusan dokumen kependudukan.

“Sangat disayangkan apabila program sebaik ini tidak dimanfaatkan secara maksimal,” imbuhnya.

Rani pun berharap Pemko Medan melalui perangkat di kewilayahan, mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga lingkungan,

dapat mensosialisasikan program jemput bola Disdukcapil Kota Medan ini kepada setiap warga atau keluarga penyandang disabilitas.

“Kepala lingkungan pasti tahu mana warganya yang penyandang disabilitas. Informasi ini harus disampaikan, agar tidak ada penyandang disabilitas yang mengalami kesulitan dalam mengurus dokumen kependudukannya.

Bila perlu, kepala lingkungan dapat membantu langsung dalam menghubungi Disdukcapil Medan melalui layanan yang disiapkan agar petugas Disdukcapil bisa segera datang ke lokasi,” tambahnya.

Ia menyarankan, warga Kota Medan dapat proaktif dalam mencari informasi tentang program-program yang disiapkan Pemko Medan.

Termasuk soal adanya layanan jemput bola Disdukcapil Medan dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Tak hanya di Disdukcapil, OPD-OPD lainnya di Pemko Medan juga memiliki banyak program yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Oleh sebab itu, masyarakat harus proaktif untuk mencari tahu setiap program yang disiapkan agar dapat memanfaatkan setiap layanan yang dibutuhkan,” tukasnya.

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment