Memasuki Bulan Ramadhan, Pemakaman Umum Jalan Halat Ramai Dikunjungi para Peziarah

Masyarakat yang melakukan ziarah kubur jelang Bulan Ramadhan semakin ramai mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Halat, Minggu (10/3/2024).

topmetro.news – Masyarakat yang melakukan ziarah kubur jelang Bulan Ramadhan semakin ramai mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Halat, Minggu (10/3/2024).

Ziarah kubur memang kerap dilakukan Umat Muslim jelang memasuki Bulan Ramadhan setiap tahunnya, guna mengunjungi makam keluarga dan kerabat.

Tak hanya peziarah, para penjual bunga juga terlihat ramai di pinggir Jalan Halat. Begitu pula dengan masyarakat yang menyediakan lahan parkir untuk para peziarah juga banyak ditemui di sekitar lokasi.

Warga sekitar, Supirman, mengatakan, hal ini wajar ditemukan setiap tahunnya di pemakaman Jalan Halat. Menurutnya hari ini merupakan puncak dari tradisi ziarah kubur.

“Iya kalau di Halat ini kan termasuk salah satu yang terbesar pemakaman umumnya. Mungkin ada ribuan makam di sini. Jadi biasa semakin dekat bulan puasa makin ramai,” ujarnya.

“Kalau dilihat karena besok mungkin jamaah Muhammadiyah kan sudah mulai puasa, jadi mungkin besok masih ada yang ziarah. Tapi tak seramai hari ini. Karena ini kan juga pas akhir pekan. Jadi kemungkinan hari ini puncaknya,” ucapnya.

Selain itu, salah satu peziarah, Miah mengatakan selalu rutin melakukan ziarah kubur setiap tahunnya jelang Bulan Ramadhan.

“Kalau saya ya setiap tahun ziarah. Di sini banyak. Ada makam kakek, ayah, nenek dan keluarga lain juga dimakamkan di sini, jadi sekalian semua diziarahi,” pungkasnya.

reporter | Firman

Related posts

Leave a Comment