Musrenbang RKPD Sumut, Kabupaten Humbahas Terima Penghargaan Pencapaian Realisasi Anggaran 2023

Mengenakan pakaian Adat Batak Toba, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Pj Sekda Chiristison Rudianto Marbun MPd hadiri Musrenbang RKPD 2025 Sumatera Utara di Hotel Santika, Medan, Jumat (8/3/2024).

topmetro.news – Mengenakan pakaian Adat Batak Toba, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Pj Sekda Chiristison Rudianto Marbun MPd hadiri Musrenbang RKPD 2025 Sumatera Utara di Hotel Santika, Medan, Jumat (8/3/2024).

Dalam kegiatan itu, Pj Gubsu Hassanudin menyerahkan piagam penghargaan kepada Kabupaten Humbahas sebagai terbaik IX atas pencapaian 10 kabupaten/kota terbaik se-Sumut dalam realisasi anggaran belanja Tahun Anggaran 2023. Penghargaan itu diterima langsung Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE.

Untuk menuju lokasi Musrenbang di Hotel Santika Dyandra Medan, Pj Gubsu Hassanudin yang mengenakan baju Adat Toba, naik becak bersama para bupati/walikota se-Sumut. Rombongan bergerak ke lokasi pembukaan musrenbang dari Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Medan. Becak motor merupakan kendaraan khas Sumut. Oleh sebab itu, betor dipilih sebagai kendaraan yang membawa Pj Gubernur Sumut bersama rombongan.

Selain itu, becak juga merepresentasikan transportasi umum masyarakat Sumut. Becak diartikan sebagai harapan masyarakat akan pembangunan Sumut. Karena itu becak juga digunakan sebagai kendaraan yang membawa rombongan kepala daerah menuju lokasi musrenbang.

Hassanudin pun mengharapkan, musrenbang dapat membawa kesepahaman seluruh pemegang kebijakan di Sumut. Terutama mengenai arah pembangunan yang akan dilakukan. Pembangunan Sumut tidak akan terwujud tanpa sinergi seluruh pemangku kebijakan.

“Sumut ini banyak potensinya. Dari musrenbang ini kita samakan pemahaman arah pembangunan kita, namun dengan tetap menyesuaikan potensi, kekhasan dan kebutuhan daerah masing-masing, kita ini mewujudkan pembangunan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, kita menyadari pembangunan yang tersinkronisasi sangat efektif,” kata Hassanudin.

Sarapan Bersama

Sebelum memasuki acara musrenbang, Pj Gubernur bersama para kepala daerah yang hadir, sarapan bersama di Aula Tengku Rizal Nurdin. Sarapan pagi sebelum pembukaan Musrenbang merupakan tradisi yang kerap dilakukan.

Musrenbang RKPD Tahun 2025 Sumut ini, mengambil tema pembangunan dalam rangka akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Turut hadir Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Restuardy Daud, Plt Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Bappenas Tri Dewi Virgiyanti.

Pj Gubsu menjelaskan untuk mempercepat pembangunan dalam mewujudkan Sumut yang unggul, maju dan berkelanjutan, ada empat aspek prioritas. Yakni; pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kedua, peningkatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Ketiga, peningkatan kualitas pembangunan infrastuktur yang berkelanjutan. Keempat, peningkatan tata kelola pemerintah yang berkualitas dan inovatif.

“Untuk mewujudkan visi dan misi Sumut dibutuhkan keselarasan perencanaan dari tingkat nasional dengan perencanaan provinsi dan 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut. Karena itu dokumen RKPD ini harus menjadi pedoman bersama,” kata Hassanudin.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment