Implementaasi Program Kerja TPKAD, Pemkab Langkat Buka Kegiatan Edukasi Busines Matching untuk Santri

Plt Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy AP MAP membuka kegiatan Edukasi Bussines Matching kepada Santri di Pondok Pesantren Ibadurrahman Stabat, Jumat (22/3/2024).

topmetro.news – Plt Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy AP MAP membuka kegiatan Edukasi Bussines Matching kepada santri. Berlangsung di Pondok Pesantren Ibadurrahman Stabat, Jumat (22/3/2024).

Kegiatan ini merupakan implementasi Program Kerja TPKAD Kabupaten Langkat Periode 2024 yakni Program Kerja Santri Uswatun Pemda Langkat.

Dalam sambutanya, Faisal Hasrimy menyampaikan apresiasi kepada OJK yang telah memfasilitasi atas kegiatan edukasi dan business matching. Serta pembukaan rekening untuk santri di Kabupaten Langkat.

“Keberadaan santri merupakan hal yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta potensi dalam keuangan syariah melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah,” ucapnya.

Fausal menjelaskan, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Langkat sebagai pelopor TPKAD di Sumatera Utara yang telah meraih TPKAD Award sebagai penyedia akses keuangan terbaik pada tahun 2020, dengan penggeraknya Pemkab Langkat, bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Lembaga Jasa Keuangan ( LJK) formal, akan terus berusaha menyediakan akses keuangan dan edukasi keuangan seluas-luasnya bagi masyarakat Langkat. Terkhusus untuk santri dan santriwati yang akan menghadapi era digitalisasi dan dinamisme ekonomi di masa depan.

“Harapan saya dengan kegiatan edukasi yang kita laksanakan, para santri dan santriwati dapat memahami dengan baik mengenai manajemen keuangan sejak dini. Sehingga kekuatan literasi finansial para santri dan santriwati menjadi lebih kokoh dengan memiliki pengalaman langsung dalam pengelolaan keuangan yang terhubung dengan lembaga jasa keuangan,” ujarnya.

Gerakan Syariah

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Ibadurrahman Stabat Ustad Ahmad Muklis Siregar, menyampaikan bahwa bertepatan suasana Bulan Ramadan pihaknya bisa bermajelis dan bersilaturahmi sesuai dengan rencana.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas terpilihnya Pondok Pesantren Ibadurrahman Stabat dalam Gerak Syariah yaitu Gebyar Ramadhan Keuangan Syariah. Di mana nanti akan ada kerjasama dengan Bank Syariah Islam tentang bagaimana mengelola keuangan syariah. Mudah-mudahan ke depan dengan gerakan syariah perekonomian pengelolaan keuangan berdasarkan Islam syariat, tidak tergoyangkan,” harapnya.

Selanjutnya penyerahan secara simbolis kepada 10 orang santriwan dan santriwati buku rekening tabungan simple syariah. Penyerahan secara simbolis ‘smart agent’ kepada salah satu pegawai pondok pesantren Ibadurrahman

Deputi Direktur Pengawasan Prilaku PUJK Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Yovvi Sukandar menyampaikan, bahwa Program Kerja Santri Uswatun bertujuan untuk menciptakan kemandirian ekonomi dan kecakapan keuangan syariah di lingkungan pondok pesantren. “Sehingga pondok pesantren berperan tidak hanya sebagai lembaga pendidikan. Namun juga sebagai lembaga sosial dan lembaga dakwah,” ucapnya.

Sebagai informasi, kemanfaatan dari ‘smart agent’ dalam sistem pembayaran elektronik literasi dan inklusi keuangan untuk tingkat pondok pesantren semakin merata.

“Karena kemungkinan ke depan kita sudah tidak lagi menggunakan sistem manual. Nah, jadi dengan adanya ‘smart agent’ diharapkan sistem pembayarannya lebih tertata dengan pembukuan yang baik dan akuntabel,” terangnya.

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Langkat yakni Asisten Adm Ekbangsos H.Sukhyar Mulyamin SSos MSI, Kadis Perhubungan Arie Ramadhany SIP MSP, Kabag Perekonomian dan SDA Indri Nugraheni SE MM Akt, Kabag Umum Mahardika Sastra Nasution SSTP MAP, Kabag Prokopim Winnanda Akbar SSTP, Analis Yunior Implementasi Kebijakan SP Bank Indonesia Fika Ahmad dan Perwakilan Bank Syariah Indonesia.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment