Kendalikan Inflasi, Menjaga Stok dan Stabilitas Harga, Pemkab Samosir Gelar Pasar Murah

Pemkab Samosir mengelar pasar murah di Terminal Pangururan, Desa Pardomuan I, Selasa (2/4/2024). Hal itu sebagai upaya pengendalian inflasi dalam strategi ketersediaan, keterjangkauan, kelancaran dan komunikasi, untuk memastikan keamanan bahan pokok menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

topmetro.news – Pemkab Samosir mengelar pasar murah di Terminal Pangururan, Desa Pardomuan I, Selasa (2/4/2024). Hal itu sebagai upaya pengendalian inflasi dalam strategi ketersediaan, keterjangkauan, kelancaran dan komunikasi, untuk memastikan keamanan bahan pokok menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Wabup Martua Sitanggang secara resmi membuka pasar murah dengan penyerahan beberapa jenis bapokting kepada masyarakat yang berbelanja. Tampak Bupati dan Wabup berbaur serta ikut melayani masyarakat.

Selain membantu meringankan beban masyarakat dalam rangka memperoleh barang kebutuhan pokok, pasar murah itu juga untuk menjaga keterjangkauan dan stabilitas harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif.

Pemkab Samosir menggelar pasar murah bekerja sama dengan Bank Indonesia Wilker Sibolga, Bulog Cabang Siantar, dan distributor minyak goreng Toko Budiman Pangururan.

Bahan pokok berada di bawah harga jual pada grosir maupun pengecer. Untuk beras seharga Rp51.500/5 kg, minyak goreng Rp14.000. Kemudian, Cabai Merah Rp38.000, dan Bawang Merah Rp30.000.

Terjangkau

Wakil Bupati Martua mengatakan, pasar murah digelar setelah melihat adanya fenomena kenaikan harga. Dengan harapan, bisa memudahkan masyarakat mendapat bahan pokok penting dengan harga relatif terjangkau.

“Kehadiran pasar murah ini harga relatif lebih murah dibanding harga di pasaran umum. Karena adanya subsidi pemerintah, masyarakat berhak mendapatkannya,” kata Martua.

Ia menambah, bahwa Pemkab Samosir selalu memantau perkembangan harga guna mengantisipasi terjadi lonjakan. Yakni dengan monitoring rutin oleh dinas terkait melalui Kopnakerindag.

Wabup pun mengajak masyarakat untuk berbelanja, memanfaatkan pasar murah dengan bijak. Berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Samosir akan banyak dapat kunjungan wisatawan. Untuk itu Martua Sitanggang mengajak seluruh masyarakat dapat menjadi tuan dan nyonya rumah yang baik. Juga agar saling menjaga keamanan ketertiban, terutama kebersihan.

Kabag Perekonomian Setdakab Samosir Tri Endis Manalu menjelaskan, pasar murah berlangsung selama dua. Yakni, tanggal 2 di Kecamatan Pangururan dan tanggal 3 April 2024 di Kecamatan Simanindo dan Onan Runggu.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M Sinaga, Pabung 0210 TU G Sebayang, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, dan beberapa pimpinan OPD lainnya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment