Bupati Samosir Bantu Pelajar SD Penderita Kanker Mata

Setelah mendengar informasi tentang Doni Saoloan Situmorang, siswa SDN 13 Desa Pananggangan II, yang menderita kanker mata, Selasa (2/4/2024), Bupati Samosir Vandiko T Gultom langsung mengunjunginya di orangtuanya dan memberikan bantuan.

topmetro.news – Setelah mendengar informasi tentang Doni Saoloan Situmorang, siswa SDN 13 Desa Pananggangan II, yang menderita kanker mata, Selasa (2/4/2024), Bupati Samosir Vandiko T Gultom langsung mengunjunginya di orangtuanya dan memberikan bantuan.

Turut hadir Camat Nainggolan Tino Nainggolan, Kepala Desa Pananggangan II Iwan DB Siringoringo, Kepala SDN 13 Pananggangan II Ronal Nainggolan.

Ketidakmampuan orangtua menjadi penghalang untuk membawa Doni berobat. Kejadian ini pun menggugah rasa iba dan kepedulian Bupati Samosir dengan memberikan bantuan sebesar Rp55 juta secara tunai.

Seperti diketahui Doni Saoloan Situmorang (10) merupakan siswa kelas 3 SD, anak keempat dari tujuh bersaudara dari pasangan suami istri Parsaoran Situmorang dan Mastiur Siagian.

Menurut keterangan ibunya, Mastiur Siagian, dua minggu sejak lahir, Doni sudah menderita kanker mata. Sudah pernah dibawa berobat, namun dokter menyarankan agar dioperasi pada umur 8 tahun, namun sampai umur 10 tahun belum dibawa untuk operasi karena keterbatasan dana.

Berkat bantuan yang Bupati berikan, Mastiur menyebutkan dalam waktu dekat Doni akan mereka bawa ke Rumah Sakit Harapan Pematang Siantar untuk menjalani operasi.

Pendampingan

Sesampainya di lokasi, Vandiko T Gultom mengarahkan agar Doni ditangani dan didampingi maksimal dari Dinas Kesehatan sampai mendapat penanganan/operasi. Sejak awal mengetahui, Vandiko sudah menginstruksikan untuk dilakukan pendampingan dan tindakan lebih lanjut.

Kehadiran Bupati Samosir juga untuk memberikan semangat kepada kedua orangtua Doni. Bahwasanya masih banyak yang peduli termasuk Pemkab Samosir.

“Kami datang untuk memberikan bantuan secara moril dan materil, agar adek ini mendapat tindakan penanganan kesehatan. Pemerintah hadir dan peduli serta turut merasakan hal yang sama. Ini sebagai dukungan kepada keluarga agar lebih semangat dalam melakukan upaya kesehatan,” ucap Vandiko.

Bupati Samosir meminta agar BPJS maksimal memberikan dukungan penanganan operasi dan berharap Doni dapat secepatnya pulih.

“Kepada adek Doni, semangat ya. Harus semangat harus berdoa pada Tuhan minta kesembuhan. Kamu tidak sendiri. Di sini ada orang-orang yang menyayangimu. Kuncinya harus semangat ya dek Doni,” kata Vandiko menyemangati.

Kepala Puskesmas Sirait Kecamatan Nainggolan Panroyan Nadeak mengatakan, rujukan sudah keluar dari RSUD dr Hadrianus Sinaga ke RS Harapan Pematang Siantar. “Berdasarkan permintaan keluarga, rujukan dari RSUD dr Hadrianus Sinaga ke RS Harapan Pematang Siantar sudah keluar. Keberangkatan tinggal menunggu kesediaan keluarga,” kata Panroyan.

Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jhonson Gultom mengatakan, donasi yang dihimpun sebagai solusi dan penanganan cepat yang diupayakan. Sehingga penanganan operasi bisa berjalan dengan baik. Jhonson berharap Doni dapat cepat normal kembali.

“Kita berdoa, agar banyak donasi. Dan berapa pun yang terkumpul, inilah yang bisa kami bantu. Ini adalah penuntunan Tuhan terhadap anak ini. Semoga anak ini ke depan menjadi berkat dari Tuhan untuk masyarakat,” kata Jhonson.

Terharu

Atas bantuan dari Bupati Samosir, Parsaoran Situmorang berkali-kali mengucapkan rasa terima kasih. Ia bahkan sampai meneteskan air mata akibat merasa terharu atas kunjungan langsung Bupati Samosir.

“Saya tidak menduga akan ada perhatian sebanyak ini. Terima kasih atas perhatian Bapak Bupati. Dan mudah-mudahan melalui dukungan ini, anak kami bisa sembuh,” ucap Parsaoran berlinang air mata bersama istrinya.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran dari Kecamatan Nainggolan, Puskesmas Sirait dan Gereja HKBP Parhorian ikut memberikan bantuan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment