Satika Simamora Membangun Priwisata Berbasis UMKM di Muara

Tapanuli Utatara tidak memiliki banyak kawasan wisata Danau Toba. Bentangan garis pantai Kecamatan Muara sebagian besar merupakan kaki bukit berbatu dan terjal.

topmetro.news – Tapanuli Utatara tidak memiliki banyak kawasan wisata Danau Toba. Bentangan garis pantai Kecamatan Muara sebagian besar merupakan kaki bukit berbatu dan terjal. Tidak ada pasir putih di pantai yang landai yang dapat dijual kepada wisatawan.

Dalam wawancara khusus Kamis (25/4/2024), Satika Simamora SE MM mengatakan, pada kunjungan awalnya di Muara, ia merasakan ada sesuatu yang perlu ditangani di kecamatan penghasil mangga itu.

Ada kelompok pengrajin tenun Ulos di tengah perkampungan tradisional Batak. Ada potensi ekonomi dan wisata yang bisa dikembangkan untuk peningkat ekonomi keluarga.

“Saya berfikir, istri juga harus bisa menghasilkan uang dengan tidak meninggalkan kewajibannya sebagai ibu. Ia tak meninggalkan rumahnya. Ibu rumahtangga harus didorong dan didukung untuk melakukan usaha sekecil apa pun itu. Maka saya menggagasi Desa Huta Nagodang Kecamatan Muara Tapanuli Utara sebagai Kampung Ulos dengan harapan seluruh ibu-ibu penenun kain ulos ini diarahkan dan dibina agar menjadi serius untuk mengembangkan penenunan kain ulos ini,” sebutnya.

Menurut Satika Simamora, saat ia menjabat Ketua Dekranasda dan Ketua TP PKK Tapanuli Utara, ia berharap pembangunan pariwisata di Kecamatan Muara harus berbasis UMKM di mana industri rumah tangga dapat bangkit.

Dikatakan, kelompok pengrajin ulos ini prtnah juga mendapat bantuan dari Bank Indonesia.

Pulo Sibandang

Pulau Sibandang adalah pulau yang terletak di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini merupakan pulau terletak di tengah Danau Toba sekira 1 mil dari Pelabuhan Muara.

Pulau Sibandang merupakan salah satu dari 16 ‘geosite’ yang ada di Geopark Kaldera Toba. Sejumlah hal yang bisa dinikmati di sana, nuansa pedesaan tradisional dan unsur-unsur geopark.

“Pengrajin ulos bukan hanya di Huta Nagodang, juga di desa-desa Pulo Sibandang yang masih melestarikan nilai Budaya Batak,” sebut Satika.

Ia melihat potensi besar pulau dengan tiga desa maiing-masing Desa Sibandang, Desa Papande, dan Desa Sampuran.

Ibu yang memiliki tingkat elektoral tinggi calon pempin masa depan ini berpendapat, Pulo Sibandang perlu mendapat perhatian khusus pembangunan pariwisata Tapanuli Utara dalam sinergitas kepariwisataan Kawasan Geopark Kaldera Toba.

“Salah satu cara menjual kawasan wisata adalah membuat hal yang unik dan memungut biaya masuk. Banyak objek wisata di Pulo Sibandang yang layak diketahui wisatawan. Itulah tugas kita ke depan,” sebut Satika.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment