Anak Iri pada Temannya? Katakan Ini Moms!

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Lingkungan pertemanan anak-anak yang masih kecil cenderung memiliki sifat ingin memiliki mainan temannya. Maka jangan heran ketika si kecil pulang ke rumah dan meminta dibelikan mainan tertentu.

Untuk menyikapi hal ini, orangtua harus tahu di lingkungan seperti apa anak Anda tumbuh. Jika Anda tidak bisa selalu membelikan mainan kesukaannya karena kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan, ini bukanlah suatu masalah.

Kemudian orangtua juga bisa memberikan pengertian secara halus kepada anak-anak yang sering tantrum ketika keinginannya tidak terpenuhi.

“Tunjukkan bahwa kekuatan orang berbeda-beda. Katakan pada dia ada anak-anak di jalanan yang enggak bisa beli mainan yang dia punya,” jelas Psikolog, Saskya Aulia Prima seperti dilansir spiritriau, sesaat lalu.

Saskya menambahkan, orangtua harus membatasi setiap keinginan anak dan memberi pengertian agar mereka bisa belajar dari orang-orang yang lebih sulit dari dia. Sehingga mereka tahu bahwa tidak semua orang bisa membeli apa yang diinginkan.

Namun jika Anda memang bisa membelikannya, jangan selalu berikan begitu saja karena akan membuat dia lebih manja.

Sebaliknya, ajarkan padanya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, membutuhkan sebuah usaha.

“Kalau tetap mau ngasih, jangan mau kasih begitu saja. Minta effort dulu, prestasi atau apapun itu. Misalnya dia bisa bangun sendiri selama satu bulan, baru dikasih,” tutup Saskya.(sp)

 40 total views,  1 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment