Rapat Pinjam Pakai Lahan Perkebunan, Pj Bupati dan Ketua DPRD Langkat Tinjau Kondisi Jembatan Roboh

Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy AP MAP dan Ketua DPRD Langkat Sribana SE meninjau langsung Jembatan Sei Batang Serangan yang roboh beberapa hari lalu, sekaligus rapat darurat pinjam pakai lahan perkebunan, Kamis (13/6/2024).

topmetro.news – Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy AP MAP dan Ketua DPRD Langkat Sribana SE meninjau langsung Jembatan Sei Batang Serangan yang roboh beberapa hari lalu, sekaligus rapat darurat pinjam pakai lahan perkebunan, Kamis (13/6/2024).

Tampak sejumlah pejabat ikut mendampingi mereka. Seperti Johan Bangun (anggota DPRD Langkat), Kadis Kominfo Langkat Wahyudiharto SSTP MSi, Kalak BPBD Langkat HM Ansyari MKes, Camat Padang Tualang M Izwanda SE Kp MSP, Camat Batang Serangan Dr Robbi Rezeki MPd SPd, dan sejumlah pejabat lainnya.

Rombongan Pj Bupati dan Ketua DPRD Langkat kemudian menuju Kantor Camat Batang Serangan untuk melaksanakan rapat dengan para pejabat beserta beberapa kepala desa dan tokoh masyarakat yang hadir demi menindaklanjuti robohnya Jembatan Sei Batang Serangan.

Dalam rapat tersebut, Pj Bupati Langkat menyampaikan tiga poin rencana penanganan demi mengatasi roboh jembatan di antaranya:

Rancana A: Pembangunan jembatan baru pada jembatan yang roboh di pertengahan Bulan Juli 2024 dan menurut perkiraan selesai pada pertengahan Desember dengan sumber dana dari APBD Sumut.

Rencana B: Melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta membuat jalan alternatif agar dapat dilalui oleh mobil roda enam dengan maksimal tonase 12 ton.

“Dan nantinya pembuatan jalur alternatif 1 yang direncanakan melewati jalan perkebunan akan bekerjasama dengan para perusahaan yang ada di Kecamatan Padang Tualang dan Kecamatan Batang Serangan,” ujarnya.

Rencana C: Jalan alternatif 2 yang saat ini digunakan hanya bisa dilalui roda 2 dan roda 4 di Desa Beteng Rejo.

“Agar juga selalu diperhatikan perawatan dan penyiraman jalan selama berjalannya pembangunan Jembatan Sei Batang Serangan,” pesannya.

Pj Bupati Langkat berharap, dengan dibuatnya jalur alternatif, tetap yang harus diperhatikan adalah keselamatan bagi para penggunanya. Nantinya Pemkab Langkat akan bekerjasama dengan perusahaan yang ada untuk melakukan penyiraman jalan mengunakan air agar masyarakat tidak menghirup debu akibat dilalui kendaraan.

Pj Bupati juga memberi amanah kepada Camat Batang Serangan dan Camat Padang Tualang, untuk melakukan pertemuan dengan pelaku usaha demi mensukseskan pembangunan jembatan.

“Saya juga meminta kepada semua pihak untuk mengawal pembangunan jembatan dan dijaga ketika nanti sudah selesai,” terangnya.

Selanjutnya Camat Batang Serangan juga menyampaikan bahwa, hari ini pihaknya sudah melayangkan surat undangan rapat kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kecamatan Batang Serangan, guna membahas rencana tindaklanjut dan hal-hal lain yang diperlukan terkait pembuatan jalan alternatif melalui jalan perkebunan yang bisa dilalui oleh mobil roda enam dengan maksimal tonase 12 ton.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment