Awasi Sikap & Pergaulan Anak Anda! Itu Pesan Wakil Bupati Sergai

TOPMETRO.NEWS – Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya meresmikan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Panti Rehabilitasi Narkotika Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalagunaan Narkotika Bhayangkara Indonesia (LRPPN BI) di Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu Sergai, Senin (6/3).

Dalam sambutannya Darma Wijaya mengatakan narkoba musuh bersama sebab narkoba telah membudaya di masyarakat tampa memandang usia, pendidikan, jabatan dan setatus sosial para korbannya, dengan kekuatan dan kecerdasan kita tangkal pergerakan narkoba baik yang besar yang sedang maupun yang kecil.

Tahun 2015, kata dia, diperkirakan angka prevalensi pengguna narkoba mencapai 5,1 juta orang dan angka kematian akibat penyalagunaan narkoba setiap hari mencapai 49-50 generasi muda kita yang mati karena narkoba.

”Oleh karena itu, dengan diresmikannya panti rehabilitasi narkotika ini dapat memberi dampak baik terhadap penyembuhan bagi pecandu narkotika di Sergai, terkhusus di Kecamatan Teluk Mengkudu  serta bagaimana penderita narkotika tidak lagi menggunakan narkotika. Panti rehabilitasi yang telah diresmikan ini juga harus bersinergi dengan pemerintah daerah dan penegak hukum serta masyarakat setempat  untuk dapat memerangi narkotika di Sergai,” papar Darma Wijaya.

Dalam kesempatan itu pula Wabup Sergai berpesan kepada seluruh masyarakat terutama yang memiliki anak sekolah untuk dapat selalu memperhatikan dan mengawasi sikap serta pergaulan anak kita agar  tidak terjerumus kedalam pergaulan penguna narkotika.

Pelajar dan mahasiswa, sambungnya pula, masih menjadi kelompok rentan pengguna narkotika karena lemahnya pengawasan orang tua dan sekolah serta labilnya psikologi remaja membuat mereka mudah terjerumus menggunakan narkotika, pencegahan bisa kita awali dari rumah kita sendiri.

Sementara itu, Ketua Umum LRPPN BI H. Dikanopanri, SH menyampaikan di Sumatera Utara (Sumut) telah terbangun 6 Panti Rehabilitasi yang diprakarsai LRPPN BI yang bertujuan membenahi generasi bangsa yang terkena dampak narkotika serta membuat masyarakat lebih mudah untuk melaporkan anak, saudara dan orang-orang terdekat yang terkena narkotika.

Hadir di sana, Kapolres Sergai AKBP Eko Suprianto, SH, SIK, MH, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sergai Adlin Muktar Tambunan, Kepala SKPD Sergai, Ketua Umum LRPPN BI H. Dikanopanri, SH, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LRPPN BI Joni Parulian Panjaitan, unsur Muspika Kecamatan Teluk Mengkudu, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta masyarakat Kecamatan Teluk Mengkudu. (TMD.002)

Related posts

Leave a Comment