Bandara Dubai Informasikan Penerbangan Pakai Bahasa Jawa

TOPMETRO.NEWS – Bandara Internasional Dubai hari itu membuat heboh beberapa penumpang. Apa tidak, informasi penerbangan yang dilakukann operator di bandara tiba-tiba menggunakan bahasa Jawa halus.

“Nuwun sewu, bapak-bapak soho ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sak meniko bade,” demikian bunyi pengumuman penerbangan EK 358 rute Dubai menuju Jakarta di Bandara Dubai yang dikenal sebagai bandara internasional tersibuk di dunia.

Dilansir dari laman BBC Indonesia (5/8/2017) dan liputan6.com, menurut Divisional Vice President dari Emirates, Walter Riggans, alasan penggunaan bahasa tersebut dipakai untuk memudahkan penumpang yang tidak memahami bahasa Inggris atau Arab saat proses naik ke pesawat.

“Hal ini dilakukan agar penumpang di Bandara Dubai yang tidak bisa berbahasa Inggris atau Arab bisa merasa nyaman. Bersama pihak bandara, kami memasukkan 26 bahasa dalam sistem untuk dipakai di setiap pintu keberangkatan, sehingga supervisor yang bertugas bisa memilih bahasa sesuai penumpang yang akan terbang,” ujar Riggans.

“Ini sangat membantu mempercepat proses naik pesawat,” tambahnya.

Emirates juga menekankan, penggunaan bahasa yang mereka gunakan bukan sekadar bahasa Jawa, tetapi bahasa Jawa halus.

Sejumlah penumpang yang memahami bahasa Jawa malah tertawa lepas saat mendengar pengumuman di ruang tunggu.

“Kaget benar, boarding announcement-nya pakai bahasa Jawa. Saya ketawa-ketawa bareng orang Indonesia yang lain,” kata Wahyu Pratomo, seorang warga Bandung.

Saat ini hanya ada dua bandara yang menggunakan pengumuman informasi penerbangan dengan bahasa Jawa. Selain Bandara Internasional Dubai, Bandara Adisutjipto di Yogyakarta juga memberlakukannya mulai 17 Juli lalu.(TMN)

Related posts

Leave a Comment