Wagubsu Komit Perhatikan Perpustakaan Daerah Sumut

TOPMETRO.NEWS – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung menegaskan komitmen pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) khususnya didalam memperhatikan perpustakaan daerah Sumatera Utara.

“Untuk apa buku banyak diadakan, kalau ternyata juga ga bias dibaca didaerah. Jadi saya berharap daerah juga dapat perlakuan yang sama dengan yang di kota,” ujar Wagubsu saat menggelar pertemuan dengan sejumlah wartawan berkenaan dengan persiapan Festival Literasi, yang digelar di kantor Gubsu, kemarin.

Wagubsu dalam pertemuan tersebut menyinggung perlunya pengadaan unit kenderaan perpustakaan yang baru, sehingga target pendistribusian buku-buku kedaerah-daerah di Provinsi Sumatera Utara tercapai.

“Soal katanya kondisi mobil (Perpustakaan Sumut) yang ada sekarang takutnya tak bisa naik dan tak sampe kedaerah, itu akan saya anggarkan di 2018. Karena mobil itu harus baik, jadi nanti itu kita perhatikan,”tegasnya.

Lebih lanjut, setelah Sumatera Utara dideklarasikan sebagai provinsi literasi, Pemprovsu melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut akan menggelar festival literasi pada 18 Oktober mendatang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Sumut.

Dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Ferlin Nainggolan, dalam festival literasi yang nantinya akan digelar di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut akan dilakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan literasi, seminar literasi, workshop dan pemecahan rekor MURI tentang membaca big book yang dilakukan 1.000 orang dari berbagai profesi.

“Big Book ini merupakan buku besar yang digunakan guru dan orangtua untuk melatih belajar membaca secara terampil, terutama untuk anak berusia dini yakni kelas 1-3 SD, ” jelas Ferlin.

Dikatakan Ferlin, tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan budaya literasi kepada masyarakat, guru juga siswa. Meningkatkan keterampilan menulis pelajar dan pemuda serta meningkatkan kemampuan mengajar guru khususnya di tingkat SD dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Dalam kesempatan itu, Ferlin mengatakan saat ini minat membaca masyarakat ke perpustakaan juga semakin meningkat. Berdasarkan data dari tahun 2015 sebanyak 80 ribu orang, tahun 2016 sebanyak 125 ribu orang dan tahun 2017 ditargetkan mencapai 300 ribu.

“Saat ini kami juga meningkatkan jam layanan dari Senin-Jumat mulai pukul 07.45 wib hingga 20.00 wib dan Sabtu-Minggu pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB,” kata Ferlin sembari mengatakan saat ini koleksi judul buku di Perpustakaan Daerah Sumut sudah mencapai 180 ribu judul.

Wagbusu, Nurhajizah Marpaung mengapresiasi kegiatan yang akan digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, bahkan Nurhajizah mengatakan Pemprovsu ke depan juga akan lebih memperhatikan Perpustakaan daerah Sumut terutama fasilitas perpustakaan keliling sehingga dapat menjangkau masyarakat hingga ke pelosok.

Kabiro Humas dan Keprotokolan Provsu, Ilyas Sitorus menambahkan, Paten Live Press Room ini baru pertama kali digelar, dan untuk kali pertama langsung dimanfaatkan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut.
“Program ini kita gelar untuk pencanangan berita yang dapat disiarkan secara live melalui media social, sehingga dapat dilihat langsung oleh masyarakat,” kata Ilyas.(TM/11)

Related posts

Leave a Comment