Era Digital, BI Gencar Sosialisasi Pembayaran Non Tunai

Diera Digital, BI Gencar Sosialisasi Pembayaran Non Tunai

TOPMETRO.NEWS – Bank Indonesia perwakilan Pematangsiantar bekerjasama dengan seluruh perbankan dan perusahaan telco mengkampanyekan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan target para generasi muda, acara dilaksanakan di lapangan parkir pariwisata Jalan Merdeka, Minggu (15/10).

Dengan dikeluarkannya peraturan yang mewajibkan pembayaran jalan tol dengan uang elektronik per 31 Oktober 2017, kemudian beredarnya surat Mendagri nomor: 910/1866/SJ/ tanggal 17 April 2017 tentang implementasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah provinsi dan lainya.

Kampanye GNNT kali ini mengangkat tema “Generasi Muda Pematangsiantar Sebagai Pelaku Transaksi Non Tunai” ini menunjukkan generasi muda di era digital saat ini berperan penting sebagai pelaku transaksi non tunai di tengah-tengah masyarakat kota Pematangsiantar dan sekitarnya guna mendorong penggunaan instrumen non tunai atau Less Cash Society dalam kegiatan ekonomi.

Walikota Hefriansyah, SE, MM diwakili staf ahli Edy Nuah Saragih dalam sambutan tertulis mengatakan, pemerintah kota siap mendukung dan mensukseskan implementasi non tunai ini, tentunya dengan kerjasasma yang baik dari semua stakeholder terkait, serta mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan dapat memberikan pendidikan dan pemahaman kepada masyarkat yang dimulai dari para generasi muda, melalui informasi yang terkait dengan produk, mekanisme dan proses transaksi non tunai serta perkembangan saat ini juga kedepannya.

Perwujudan instrumen non tunai atau Less Cash Society kata staf ahli, pada dasarnya lebih mengarahkan pada budaya prilaku dibanding perubahan sistem, untuk itu peningkatan kualitas pemahaman masyarakat umum merupakan tahapan penting yang harus dilakukan.

Semoga melalui kampenye GNNT ini dapat dapat memberikan manfaat dan dampak positif dalam perkembangan transaksi non tunai di kota Pematangsiantar dan sekitarnya.

KPW Bank Indonesia Pematangsiantar diwakili kepala tim Sugeng Siswanto melalui pelaksana kegiatan James Wilson Lumbantobing didampingi Mhd Ihwan menjelaskan, kegiatan kampanye GNNT kali ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain, colour run yang dilepas ketua Pengadilan Negeri Pasti Tarigan, SH, M.Hum didampingi Kajari diwakili kasi Intel Harry Palar, SH, MH dan perwakilan perbankan dengan ribuan peserta yang didominasi para generasi muda, pelepasan balon terbang oleh Walikota, pengumuman pemenang dan pemberian hadiah lomba jingle GNNT, lomba foto contest, lomba karya tulis populer, penarikan lucky draw dan quiz serta hiburan.

Kegiatan ini juga diisi bazar dari stand Bank Indonesia, perbankan serta perusahaan telco  yang bertujuan untuk mensosialisasikan dan berkomunikasi langsung terkait produk perbankan, ketentuan sistem pembayaran antara lain: CCKUR, transfer dana, BI-RTGS, SKNBI, KUPVA BB, juga ada stand UMKM sebagai penyedia konsumsi peserta kampanye dengan melakukan transaksi NT yang difasilitasi panitia dalam bentuk kartu e-money. (TMD-011)

Related posts

Leave a Comment