Ini 4 Jenis Batuk pada Anak yang Harus Diwaspadai

jenis batuk anak

TOPMETRO.NEWS – Sering kali batuk menjadi penyakit yang kerap menyerang saat musim pancaroba, khususnya pada anak. Para orang tua pun harus lebih waspada dengan batuk yang terjadi pada buah hati.

Seperti diketahui, batuk merupakan gejala awal adanya infeksi pernapasan. Meski demikian, batuk tidak berbahaya jika ditangani dengan tepat. Namun, dari jenis batuk yang ada, diperlukan penanganan yang berbeda.

Seperti dilansir Parents, berikut ini beberapa jenis batuk yang harus diwaspadai.

1. Batuk disertai hidung meler
Kondisi ini umumnya disebabkan oleh flu biasa yang berlangsung selama satu minggu. Batuk jenis ini mudah menular pada anak-anak. Untuk mengatasinya diperlukan mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan dengan cara menggunakan larutan air garam atau memberikan air hangat.

2. Batuk kering malam hari
Batuk kering pada malam hari umumnya disebabkan karena alergi, udara dingin, dan olahraga. Asisten profesor pediatri di rumah sakit Anak-anak Cleveland Clinic Debbie Lonzer MD menjelaskan lendir di paru-paru membuat sedikit gelitik sehingga membuat anak batuk. Untuk mengatasinya bisa memberikan obat bronkodilator inhalasi atau berkonsultasi dengan dokter.

3. Batuk rejan
Batuk rejan umumnya disebabkan oleh bakteri pertusis yang menyerang lapisan saluran pernapasan, menghasilkan peradangan yang menyempit sehingga bisa menghalangi saluran udara. Kondisi ini bukanlah kondisi biasa sehingga dibutuhkan penangan ahli. Untuk bayi dibawah enam bulan diperlukan perawatan khusus dan mendapatkan antibiotik.

4. Batuk berat
Batuk yang disertai dengan demam, suara serak dan nyeri pada otot ini dipicu oleh flu. Pada anak-anak, flu memiliki masa inkubasi yang lama sehingga mudah menular.(TMN)

Related posts

Leave a Comment