Raja Arab ke Indonesia, Bawa 1.500 Orang, Termasuk 25 Pangeran & 10 Menteri

arab

TOPMETRO.NEWS – 1 Maret 2017 mendatang, Presiden Joko Widodo bakal kedatangan tamu kenegaraan, yakni Raja Arab Saudi, Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Sesuai rencana, kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Raja Salman akan membawa rombongan besar, kurang lebih mencapai 1.500 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran.

“Ini kunjungan yang sangat bersejarah bagi kita karena kunjungan Raja Saudi Arabia terakhir ke Indonesia yaitu pada tahun 1970. Jadi 47 tahun lalu dan kunjungan ini akan membawa rombongan terbesar,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sesuai jadwal, agenda kenegaraan akan berlangsung dari tanggal 1 Maret hingga 3 Maret 2017.

“Tanggal 4 sama dengan tanggal 9 beliau akan ada di Bali untuk beristirahat,” tutur Pramono Anung seperti diwartakan posbelitung.

Menurut dia, ada sejumlah kerja sama yang akan dilakukan, di antaranya mengenai kerja sama investasi Saudi Arabia melalui perusahaan tambang negara Saudi, Aramco sebesar 6 miliar dolar AS di Indonesia.

“Kemudian juga akan ada project lain yang akan ditandatangani kurang lebih sebesar 1 miliar dolar AS dan project-project lainnya. Tadi Bapak Presiden mengharapkan bahwa investasi Saudi Arabia ini secara keseluruhan diharapkan bisa sampai dengan 25 miliar dolar AS,” tutur Pramono.

Selain itu, ada kerja sama di bidang penanggulangan terorisme dan radikalisme, termasuk adanya pemberian santunan bagi anggota Densus 88 Anti Teror yang gugur dalam melaksanakan tugas.

“Jadi anggota Densus yang meninggal dunia maka orangtuanya per tahun akan dihajikan oleh kerajaan Saudi Arabia 5 orang karena mereka dianggap sebagai syuhada,” ucap Pramono.

Mengenai kunjungan ke Bali, Wamenlu AM Fachir kemudian menambahkan, Raja Salman tertarik dengan Pulau Dewata tersebut. Tetapi belum diketahui apa agenda Raja Salman di sana nantinya. (pb)

Related posts

Leave a Comment