Penalti Ricardo Rodriguez, Bikin Swiss Berpeluang ke Piala Dunia Rusia

Ricardo Rodriguez

TOPMETRO.NEWS – Ricardo Rodriguez membawa peluang bagi Swiss untuk lolos ke putaran final Piala Dunia di Rusia tahun depan. Pasalnya Rodriguez mampu mencetak gol kemenangan Swiss 1-0 atas Irlandia Utara.

Di laga leg pertama play off zona Eropa yang dihelat di Windsor Park, Jumat (10/11) dinihari gol semata wayang Swiss tersebut dicetak Ricardo Rodriguez lewat titik penalati pada menit ke-58.

Hasil ini jadi modal positif Swiss karena akan menjamu Irlandia Utara di kandangnya pada leg kedua nanti Selasa (14/11) dinihari WIB.

Meski hanya tim tamu, sebetulnya Swiss lebih banyak menguasai laga sejak menit awal. Statistik yang ada Swiss menguasai pertandingan hingga 64 persen. Irlandia Utara lebih banyak bertahan agar tidak bobol dari gempuran Swiss.

Banyak peluang yang dimiliki Swiss, namun penyelesaian akhir yang buruk dan gemilangnya
McGovern di bawang mistar, membuat usaha Swiss sia-sia.

Seperti yang dilakukan kapten Swiss, Stephan Lichtsteiner. Dia gagal memanfaatkan peluang pada menit-menit akhir babak pertama. Dia terpeleset saat hendak menyambut bola umpan lambung di jantung pertahanan Irlandia Utara. Sehingga babak pertama berakhir dengan 0-0.

Memasuki babak kedua, Swiss terus mencari gol. Pada menit ke-46 misalnya, tendangan melengkung Xherdan Shaqiri belum membuahkan hasil. Bolanya masih sedikit melebar dari gawang.

Penyerang Swiss, Haris Seferovic, juga gagal memanfaatkan peluang pada menit ke-53. Satu bola umpan silang mendatar cuma lewat begitu saja.

Namun akhirnya Swiss mampu memecah kebuntuan pada menit ke-54. Awalnya wasit memergoki bek Irlandia Utara, Corry Evans menyentuh bola hasil tendangan voli Shaqiri.

Tanpa ragu wasit menunjuk titik penalti untuk Swiss.Ricardo Rodriguez sukses menjadi eksekutor, Swiss unggul 1-0.

Unggul 1-0 tidak membuat Swiss puas. Sayang tendangan Seferovic pada menit ke-61 juga masih mentah. Bolanya diblok oleh barisan belakang Irlandia Utara.

Irlandia Utara mengancam lewat Chris Brunt pada menit ke-73. Sial bagi mereka, tendangan bebas Brunt masih jauh dari gawang Swiss. Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan, Swiss menang dengan skor akhir 1-0.

Dengan kemenangan ini, Swiss tinggal membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Pertandingan leg kedua akan berlangsung di St Jakob-Park, Selasa (14/11).(tmn)

Related posts

Leave a Comment